6 Cara Diet Yang Sehat Bagi Remaja

Remaja adalah masa pertumbuhan di mana masih membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembang bagi tubuhnya. Untuk menunjang hal tersebut, remaja masih membutuhkan makanan yang bergizi untuk menunjang pertumbuhan fisiknya. Namun tidak jarang, konsumsi makanan menjadi tidak terkontrol. Akhirnya badan tidak tumbuh keatas, tetapi ke samping dan ke depan, artinya berat badan justru bertambah. Nah, griyabugar akan membagikan tips bagi remaja yang ingin melakukan diet. Diet yang benar dan sehat untuk masa pertumbuhan seperti remaja ini.

Bentuk badan yang melar bagi remaja memang membuat mereka menjadi tidak percaya diri, bahkan minder. Karena di masa ini masa remaja mengalami mas pubertas, dimana selain tanda-tanda fisik yang tampak tetapi juga mengalami perubahan secara psikis. Contohnya adanya rasa untuk menyukai lawan jenis.

6 Cara Diet Yang Sehat Bagi Remaja

Dengan bentuk fisik yang melebar atau kelebihan berat badan tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri mereka. Untuk mengatasi hal  tersebut jalan satu-satunya adalah diet sehat. Namun pada usia remaja belum begitu memahami cara yang diet dan benar untuk usia seperti mereka.

Untuk itulah griyabugar akan membagikan diet yang benar, aman bagi kesehatan, dan tetap menunjang pertumbuhan fisik bagi remaja. Tips diet yang tepat bagi remaja adalah sebagai berikut:

1. Tidak meninggalkan sarapan

Sarapan itu sangatlah penting, apalagi bagi remaja. Sebelum berangkat sekolah tentu harus mengisi perut dengan makanan yang bergizi agar tetap dapat beraktivitas dengan prima selama berada di sekolah.

Sarapan tidak harus menggunakan sereal, roti, atau oatmeal. Tetapi alangkah baiknya jika mau menambahkan segelas susu dan juga makanan yang mengandung protein di dalam menu sarapan untuk menambah gizi. Ingatlah untuk memilih sarapan yang tidak banyak mengandung minyak dan juga lemak.

Baca juga: Diet Alami Dengan Sayur dan Buah

2. Membawa bekal snack sehat ke sekolah

Selama aktivitas di sekolah tentu saja membuat perut menjadi lapar. Karena walaupun hanya berpikir saja menggunakan otak, juga menguras energi. Belum lagi aktivitas fisik lain, seperti olahraga, ekstrakurikuler selama di sekolah.

Sulit memang untuk menentukan makanan yang sehat dan sangat dianjurkan untuk diet jika ingin membeliknya di kantin sekolah. Untuk itu wajib membawa bekal sendiri dari rumah yang sudah jelas terjaga kebersihan dan kandungan gizinya,

Bawalah bekal atau snack agar tidak tergoda untuk jajan sembarangan selama berada di sekolah. Anda bisa membawa salad buah, sandwich, atau snack diet, seperti fruit bar, dried fruit, granola bar, atau yang lain.

Source: pixabay.com

Source: pixabay.com

3. Plihlah sandwich untuk makan malam

Selain sarapan, ternyata makan malam juga merupakan rutinitas yang sering dikorbankan. Banyak orang yang takut makan malam karena berpikiran bahwa berat badan mereka akan naik 2 kali lipat. Tetapi sebenarnya hal itu belum tentu benar.

Ada tips supaya anda tidak menyantap makanan yang mengandung kalori yang berlebihan saat makan malam, yaitu dengan memilih sandwich. Karena sandwich adalah menu makanan yang mudah sekali dibuat dan sekaligus praktis. tetapi juga menyehatkan.

Tetapi ingat, ya! jangan banyak menambahkan keju dan mayyonaise di dalam sandwich. Lebih baik juga bisa dikonsumsi setidaknya dua jam sebelu tidur.

4. Menyediakan buah potong yang segar di dalam lemari es

Pada masa remaja biasanya sulit untuk menghindarkan diri dari ngemil. Terkadang membaca buku atau belajar juga ditemani makanan ringan. Nah, untuk mengatasi hal ini, jika anda sebagai orang tua maka sekiranya dapat menyediakan buah potong segar yang anda masukkan ke dalam lemari es. Supaya anak remaja anda tidak tergoda untuk ngemil snack-snack yang banyak kalorinya, apalagi yang digoreng.

Buah-buahan yang anda sediakan di lemari es dapat menunjang diet anak remaja anda disamping itu sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Serat yang ada di dalam buah juga cepat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga tidak sempat berpaling pada jajanan yang tidak sehat.

Source: www.publicdomainpictures.net

Source: www.publicdomainpictures.net

5. Melakukan olahraga kardiovaskular

Tahukah anda bahwa diet yang baik adalah yang ditunjang pula dengan aktivitas olahraga. Apalagi buah remaja yang masih dalam masa pertumbuhan ini. Olahraga yang tepat selain dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang, dalam artian bisa lebih tinggi lagi juga dapat membuat tubuh menjadi langsing sempurna.

Olahraga yang dianjurkan saat diet bagi remaja adalah olahraga kardiovaskular, seperti: basket, jogging, futsal, voli, sepak bola, dan lain-lain. Bagi remaja usia sekolah tentu saja bukan hal yang sulit.

Baca juga: Inilah 10 Tips Langsing Tanpa Diet

6. Hindari diet yang terlalu ekstrim

Memang tujuan utama dari diet adalah mengurangi berat badan atau mempertahankan berat badan menjadi tetap ideal. Tetapi jangan diet yang terlalu ekstrim. Karena berat badan yang terlalu susut terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan.

Jangan pernah mencoba diet ekstrim sehingga dapat mengganggu sistem di dalam tubuh dan juga hormon pertumbuhan. Diet yang terlalu ekstrim dapat menyebabkan kerontokan rambut, hilangnya nafsu makan,  kulit juga menjadi tidak sehat.

Kesimpulan: Masa remaja adalah masa keemasan bagi tubuh untuk terus berkembang atau dikenal dengan masa pertumbuhan. Di masa remaja ini mereka butuh asupan gizi untuk pertumbuhan mereka, tidak jarang yang akhirnya makan secara berlebihan, akhirnya berat badan menjadi bertambah. Untuk mengatasinya maka diet sehat adalah jalan yang terbaik. Diet yang sehat dan bukan diet yang  ekstrim. Artinya penurunan berat badan dilakukan secara perlahan-lahan tetapi pasti dan menyehatkan. Tidak perlu terburu-buru, yang penting tidak mengganggu kesehatan. Untuk itu anda bisa mengikuti tips diatas, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *