8 Jenis Jus Pendamping Program Diet

Beberapa jenis jus untuk diet berikut ini bisa menjadi variasi menu sehari-hari untuk mendapatkan tubuh langsing ideal. Memang terdapat syarat yang harus dipenuhi untuk membuat jus yang baik. Setidaknya memenuhi empat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti: protein, lemak sehat , karbohidrat tinggi serat dan cairan. Dengan memilih jus yang tepat maka program diet yang anda jalani dapat terbantu dengan maksimal.

Memang selama ini banyak yang beranggapan hanya dengan mengkonsumi jus tanpa  makan apa pun adalah cara yang paling baik untuk membuat tubuh menjadi langsing. Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar, apalagi mengkonsumsi jus tanpa makan apa pun dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, justru nanti akan menimbulkan masalah kesehatan yang baru.

Source: www.pixabay.com

Source: www.pixabay.com

Kini banyak sekali minuman yang beredar di pasaran dan mengandung gula yang sangat tinggi, pemanis buatan, pewarna buatan, pengawet, dan lain sebagainya yang tentu saja itu semua tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, salah satu tips untuk melangsingkan tubuh dan bukan menjadi rahasia umum lagi adalah menghindari asupan gula yang berlebihan. Nah. Sebaiknya memang anda jangan menambahkan gula pada jus yang akan anda buat.

Berikut ini beberapa minuman sehat alami atau jus alami yang dapat membantu memaksimalkan  program diet anda dan sekaligus dapat menyehatkan tubuh. Diantara jus tersebut yaitu:

1. Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan jenis jus yang kaya akan kandungan vitamin C, potasium, folat dan fitonutrisi yang menyehatkan. Kandungan vitamin C yang tinggi tersebut dapat juga berfungsi sebagai zat antioksidan alami bagi tubuh. Oleh sebab itu sangat baik untuk menambahkan jus jeruk sebagai minuman tambahan dalam menu diet sehat anda.

2. Jus apel

Buah apel adalah buah yang kaya akan serat dan baik untuk membantu program diet. Selain itu, jus apel segar juga mengandung banyak vitamin dan sekaligus mineral yang bermanfaat bagi tubuh, seperti: zat besi, potasium, dan vitamin C. Anda juga tidak perlu menambahkan gula saat membuat jus apel ini, karena buah apel memiliki kandungan gula yang cukup untuk mendapatkan rasa manis. Jus apel alami mengandung polifenol , yaitu semacam zat antioksidan untuk mencegah dan melawan kanker.  Memang, sih, kandungan nutrisi di dalam jus buah tidak sebanyak buah apel yang dimakan utuh. Tetapi menurut informasi yang beredar, jus buah apel akan sangat bermanfaat jika di blender sekaligus beserta kulitnya dan langsung diminum tanpa disaring terlebih dahulu.

Baca juga: Inilah 10 Aturan Minum Jus Yang Tepat

3. Jus anggur merah

Anggur merah merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan potasium dan vitamin C untuk menunjang keberhasilan diet anda. Di dalam satu gelas jus anggur mengandung sekitar 150 kalori sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Bahkan seorang ahli gizi yang bernama Selena Yeager dengan bukunya yang bertajuk “The Doctor’s Book of Food Remedies”, mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi minimal 400 mg vitamin C setiap hari akan lebih rendah untuk mengalami kelelahan. Hal ini sangat berperan dalam diet anda, karena yang sering dirasakan orang yang menjalani diet ketat adalah rasa lelah. Tetapi tetap harus ditunjang dengan pola istirahat yang cukup.

4. Jus Cranberry

Jus cranberry memiliki kemampuan antioksidan yang dikenal cukup lama. Di dalam jus cranberry juga mengandung vitamin C, flavonoid (baik untuk kesehatan jantung), dan juga antibakteri.  Dengan kalori yang rendah, hanya sekitar 116 per 8 ons penyajian. Karena rasanya yang asam, maka bagi anda penderita maag harus berkonsultasi kepada dokter sebelum mengkonsumsinya. Sebaiknya diminum setelah anda makan siang atau makan malam.

5. Jus tomat

Para pelaku diet mungkin sudah tidak asing lagi dengan jus tomat. Karena jus tomat hanya mengandung 53 kalori dan beberapa nutrisi yang penting bagi kesehatan, seperti: potasium, vitamin C, lycopene, dan beta-karoten. Khasiat lain yaitu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: DIET MAYO: Benarkah Berat Badan Turun 7 kg Dalam 13 Hari?

6. Jus nanas

Tahukah anda jika buah nanas yang diperas langsung ternyata mengandung senyawa bromelain, yaitu sejenis senyawa yang biasa ditemukan pada buah-buahan dan sangat baik untuk pencernaan. Jus nanas juga mengandung vitamin B6 dan kaya akan vitamin C sehingga dapat mengurangi iritasi. Di dalam satu ons buah nanas, terkandung 133 kalori.

7. Jus buah delima

Buah super yang sering disebut sebagai pomegranate merupakan sumber antioksidan alami, seperti ellagic acid. Zat ini ternyata dapat berfungsi untuk memblokir sel kanker. Kombinasi antara jus buah delima dengan blueberry atau acai dapat menjadi minuman super yang sangat menyehatkan, melangsingkan, dan kaya akan antioksidan.

8. Jus kombinasi

Jus kombinasi merupakan perpaduan beberapa jenis buah yang terdiri dari 5 buah strawberry, 1 buah pisang beku yang di potong , 4 sendok makan plain yoghurt, 2 sendok teh selai kacang, setengah gelas air,dan sedikit es batu, kemudian blender semua bahan sampai halus. Minum di saat pagi dan siang hari yang panas. Anda juga bisa mengkombinasikan buah yang lain, seperti: mangga, nanas, wortel dan bayam.

Baca juga: Diet Alami Dengan Sayur dan Buah

Kesimpulan: Mengkonsumsi jus buah selain menyehatkan ternyata dapat membantu program diet. Tetapi ingat, program penurunan berat badan yang baik adalah yang bertujuan jangka panjang, bukan yang instan dan menghindari makanan padat.  Mengkonsumsi jus yang tepat harus dikombinasikan dengan makanan yang lain. Jus buah selain pendamping diet juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan.

One thought on “8 Jenis Jus Pendamping Program Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *