Asyiknya Bikin Masker Sendiri

Bete pergi ke salon, sih, biasa, tapi jangan sampai perawatan wajah menjadi terlupakan. Kalau bisa bikin masker sendiri, kan asyik juga. Kantong irit, wajah segar, hati pun senang.

Buah stroberi, anggur, alpukat, bengkuang, kacang almond dan jeruk lemon memang enak rasanya. Tapi jangan salah, buah-buahan itu bukan hanya nikmat dimakan, tapi juga ok jika dibuat untuk dijadikan masker. Bisa bikin wajah menjadi halus dan mulus hanya dalam waktu enam minggu! Sing banget, kan!

cara membuat masker alami untuk mencerahkan wajah

Cara membuat maskernya pun mudah, kok! Nggak repot-repot amat, malah cukup mengasyikkan. Apalagi kalau kita sendiri yang balanja bahan-bahannya. Tambah asyik, deh! Yang penting, pilih bahan yang masih segar!

Masker stoberi

Buah stoberi mengandung asam salisilat (yaitu asam beta-hydroxy yang mengupas kulit dengan lembut), yang berfungsi sebagai bahan antioksidan alami. Nutrisi yang terkandung di dalam buah stroberi ini adalah yang paling tinggi dibandingkan buah-buahan yang lainnya. Bayangkan saja, kandungan oksidan yang terdapat pada seperempat kilogram stroberi, sama dengan kandungan oksidan yang terdapat pada setengah kilogram buah kiwi atau satu setengah kilogram buah jeruk.

Selain antioksidan, buah stroberi juga mengandung silica dan vitamin B, C, E dan juga vitamin K yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan kulit terutama untuk memulihkan kulit yang terluka dan juga mengecilkan pori-pori kulit yang besar.

Masker yang terbuat dari stoberi ini, bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Dan karena sangat ringan, maka bisa digunakan sebanyak dua kali seminggu.

Membuat dan memakai Masker Stroberi:

1. Hancurkan 6 buah stroberi ukuran besar yang masih segar dengan menggunakan blender.
2. Tambahkan 1 butir putih telur yang telah dikocok kaku.
3. Tambahkan 1 sendok makan air mawar.
4. Tambahkan 2 tetes frankincense essential oil (bisa dibeli di pasar swalayan).
5. Aduk rata dan bubuhkan pada wajah dan leher dan diamkan selama 15 menit.
6. Cuci bersih wajah dan leher dengan air bersih dan air mawar.

Masker aplukat

Alpukat banyak sekali mengandung asam amino dan vitamin E yang tentu saja sangat baik untuk kulit. Selain untuk menunda proses penuaan,  alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit.

Masker yang terbuat dari buah alpukat, bisa digunakan untuk semua jenis kulit, hanya cara pembuatannya yang berbeda.

Baca juga: Kulit Sehat dan Cantik Dengan Masker Arang

Membuat dan memakai masker Alpukat untuk kulit kering

1. Haluskan daging 1 buah alpukat ukuran sedang yang sudah matang dengan menggunakan garpu.
2. Bubuhkan pada wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit.
3. Bersihkan dengan air bersih atau air mawar dengan menggunakan kapas.

Untuk kulit kombinasi

1. Haluskan daging 1/2 buah alpukat ukuran sedang yang sudah matang dengan menggunakan garpu.
2. Tambahkan 1 butir kuning telur dan aduk rata.
3. Bubuhkan pada wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit.
4. Bersihkan menggunakan air bersih atau air mawar dengan menggunakan kapas.

Untuk kulit berminyak

Gunakan campuran bahan masker alpukat untuk kulit kombinasi dan tambahkan satu sendok makan madu asli. Pemakainnya sama dengan kulit kering dan kombinasi.

Masker anggur

Mau anggur merah, anggur hijau atau anggur yang manapaun juga tidak masalah. Yang penting, perasan airnya harus segar. Kalau sudah terlalu lama didiamkan, warnanya akan menghitam, baunya menjadi busuk, malah kadang-kadang berbusa. Pokoknya harus benar-benar nggak layak pakai, deh!

Anggur mengandung banyak sekali mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti trace elements (unsur-unsur kimia yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil), kalsium, magnesium, potassium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C dan flavonoid. Sudah pasti, mineral dan vitamin itu sangat baik untuk kulit, baik sebagai antioksidan maupun untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan juga kencang.

Membuat dan menggunakan masker anggur:

1. Hancurkan anggur sampai cukup membuat 2 sendok makan sari anggur yang kental.
2. Oleskan pada wajah dan leher dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 20 menit.
3. Bersihkan dengan menggunakan air mawar.

Masker anggur ini sangat ringan, bisa digunakan setiap haru dan juga oleh semua jenis kulit.

Masker Bengkuang

Masker bengkuan sudah sangat dikenal di Indonesia. Bukan karena buahnya yang murah dan mudah dicari dimana-mana, tapi juga karena khasiatnya yang sangat luar biasa. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam bengkuang, sangat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih halus, putih dan juga bersih.

Baca juga:  Manfaat Masker Emas Untuk Mencegah Keriput

Membuat dan menggunakan masker bengkuang:

1. Parut satu buah bengkuang ukuran sedang yang telah dikupas kulitnya.
2. Peras airnya dan oleskan ampas bengkuang tadi pada wajah dan leher.
3. Biarkan selama 30 menit atau sampai kering.
4. Bilas dengan menggunakan air bersih atau air mawar.

Air bengkuang juga sangat ringan, bisa digunakan tiap hari sebagai bedak dingin.

Masker lemon

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa jeruk lemon banyak sekali mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Selain itu, jeruk lemon ini juga mengandung vitamin A, B1, B2, dan B3 yang sangat baik untuk kulit berminyak dan kulit kombinasi.

Membuat dan menggunakan masker lemon:

1.  Peras jeruk lemon sampai mendapatkan satu sendok teh perasan air jeruk lemon.
2.  Tambahkan 1 butir putih telur yang telah dikocok kaku dan aduk sampai rata. Masker ini cukup digunakan setiap hari selama satu minggu.
3.  Oleskan pada wajah dan leher dan diamkan selama 10 menit.
4.  Bilas dengan menggunakan air bersih atau air mawar.

Masker almond

Kacang almond banyak sekali mengandung mineral, vitamin A dan vitamin B dan asam oelic yang sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar. Selain itu, almond juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih kuat dan sehat.

Baca juga:  Wajah Mulus Dengan Masker Lidah Buaya

Membuat dan menggunakan masker almond:

1. Haluskan 50 gram kacang almond yang sudah dikupas kulitnya dengan menggunakan blender.
2. Campurkan dengan 3 sendok makan susu full cream sedikit demi sedikit, sampai membentuk adonan yang lembut.
3. Tambahkan 2 tetes rose otto essential oil dan aduk sampai rata.
4. Oleskan pada wajah dan leher dan diamkan sampai kering.
5. Bersihkan masker dengan air hangat.

Masker almond ini bisa digunakan oeh semua jenis kulit dan penggunaannya cukup satu minggu sekali saja.

Mempersiapkan ramuan

Untuk bisa membuat ramuan yang pas kentalnya memang gampang-gampang susah, kalau terlalu cair, jadinya sulit kering. Tapi kalau terlalu kental, bikin wajah menjadi kaku, seperti habis ditembok.

Solusinya gampang saja, kok. Kalau terlalu kental, tambahkan yoghurt asli untuk mengencerkannya. Sebaliknya, jika terlalu cair, tambahkan tepung susu bubuk, biar lebih kental.

Tip mengoleskan masker wajah

Kalau mau lebih bersih, untuk mengoleskan masker wajah, lebih baik menggunakan kuas yang dipergunakan khusus untuk masker wajah saja. Tapi kalau nggak punya, ya nggak apa-apa, pakai jari tangan juga bukan masalah. Yang penting tangan yang digunakan untuk mengoles harus benar-benar bersih.

Bagi yang punya kulit sensitif, sebaiknya jangan langsung menggunakan masker ke seluruh wajah. Harus di tes dulu, cocok atau tidak. Cara ngetes-nya, oleskan sedikit masker pada bagian dalam pergelangan tangan. Tunggu beberapa menit. Kalau tidak ada masalah, masker bisa langsung dioleskan ke seluruh bagian wajah.

Untuk mengoleskan masker di wajah, bisa dimulai dari bagian dahi ke arah luar. Setelah itu dari bagian hidung ke arah pelipis. Kalau untuk leher, dimulai dari arah dada bagian atas ke arah leher sampai ke bawah dagu. Jangan pernah mengoleskan masker dari atas ke bawah, karena akan membuat kulit wajah tertarik ke bawah. Akibatnya, bisa jadi lebih keriput. Hindari pengolesan masker di sekitar mata, selain masker bisa masuk ke mata, juga karena akan mempengaruhi kondisi kulit sekitar mata yang sensitif.

Kesimpulan: Membuat kulit wajah menjadi tampak sehat, putih dan sehat berseri banyak caranya. Salah satu cara untuk merawat kulit wajah adalah menggunakan masker. Nah, dari pada  menggunakan masker yang harganya mahal, masker buatan sendiri dapat menjadi alternatif untuk membuat wajah menjadi sehat dan berseri. Beberapa buah-buahan dapat dipakai untuk membuat masker ini. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *