Bayam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bayam adalah sayuran yang sangat digemari banyak orang. Biasa digunakan sebagai bahan memasak sayur bening. Bayam yang memiliki nama latin yaitu Amaranthus spp. dan berasal dari suku Amaranthaceae sebagai salah satu sayuran super yang mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya. Kebanyakan bayam diambil daunnya untuk diolah menjadi masakan. Bayam konon berasal dari daratan Amerika yang tumbuh dan sekarang telah tersebar di segala penjuru dunia. Sayuran yang dikenal sebagai sumber zat besi ini sampai menjadi ikon bagi tokoh kartun yaitu popeye, dimana ia akan mendapat tambahan tenaga setelah makan sekaleng bayam. Dan ini benar adanya setelah kita mengetahui manfaat bayam ini bagi kesehatan.

Di Indonesia sendiri dikenal dua jenis bayam, yaitu bayam mempunyai daun berwarna hijau dan satunya lagi bayam berdaun merah. Bahkan menurut situs wikipedia.org, dikenal dua macam bayam di tingkat konsumen, yaitu bayam petik dan bayam cabut. Ciri-ciri dan bayam petik ini adalah mempunyai daun lebar dan tumbuh tegak membesar bahkan bisa sampai dua meter tingginya. Bayam petik ini sering digunakan sebagai bahan membuat lalapan seperti gado-gado dan pecel, bayam petik dipakai juga untuk membuat urap dan dibalur tepung sebagai keripik bayam. Sedangkan bayam cabut mempunyai ukuran yang cenderung lebih kecil, bisa ditanam dalam waktu yang singkat (kurang lebih sekitar 25 hari), bayam jenis inilah yang biasa dipakai untuk membuat sayur bening atau bobor bayam.

Source: commons.wikimedia.org

Source: commons.wikimedia.org

Kandungan nutrisi pada bayam

Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada sayur bayam inilah yang merupakan bahan penting dalam fotosintesis (penyusun protein dan sitokrom) dan zat besi pada bayam kandungannya lebih tinggi dibanding dengan sayuran lainnya, sehingga cocok bagi penderita anemia (penyakit kurang darah).

Selain mengandung serat, bayam juga kaya akan betakaroten, di dalam satu mangkok kecil bayam yang di petik dari kebun dapat memenuhi 70% dari asupan betakaroten perharinya. Betakaroten dan vitamin C pada bayam membuat sayuran ini berfungsi sebagai antioksidan yang cukup baik.

Kandungan nutrisi lainnya di dalam 100 gram bayam antara lain: protein sebanyak 3,5 gram, karbohidrat sebanyak 6,5 gram, zat besi sebanyak 3,9 gram, lemak sebanyak 0,5 gram , fosfor sebanyak 67 gram, serat 0,8 gram, dan kalsium sebanyak 267 gram. Selain itu bayam juga kaya akan vitamin dan mineral lainnya, yang berupa vitamin C, vitamin A, thiamin, niasin, fosfor, natrium, riboflavin, dan magnesium.

Source: commons.wikimedia.org

Source: commons.wikimedia.org

Manfaat bayam bagi kesehatan

Bayam selain harganya yang murah ternyata cukup menyehatkan juga. Selain bermanfaat bagi anak-anak, ibu hamil, dan tentunya bermanfaat bagi semua orang. Bayam sudah menjadi sayuran faforit bagi keluarga di Indonesia yang cinta akan kesehatan. Bayam mudah ditemui di pasar-pasat tradisional bahkan pasar modern sekalipun, tidak jarang orang yang juga menanamnya di kebun. Setelah melihat kandungan nutrisi dan gizi yang tertera diatas, dapat kita simpulkan bahwa sayur bayam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat bayam bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A pada bayam sangat baik untuk menjaga mata tetap sehat dan mempertahankan daya penglihatan mata tetap optimal, sekaligus mencegah katarak karenan kandungan karotenoid. Yaitu salah satu antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan Kalsium pada bayam berfungsi untuk membantu penyerapa kalsium dan tentu saja hal ini baik bagi tulang. Oleh karena itu orang lanjut usia yang rentan akan terkena penyakit osteoporosis sangat baik untuk mengonsumsi bayam. Tetapi untuk beberapa kasus dari orang lanjut usia yang tidak diperbolehkan mengonsumsi bayam. Vitamin K memang baik untuk mencegah pengeroposan tulang. Cocok buat anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan tulang. Senyawa lain yang baik untuk tulang dan juga terdapat pada bayam, diantaranya seng, magnesium, tembaga dan fosfor.

3. Mencegah penyakit jantung

Senyawa antioksidan yang terdapat pada bayam dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung. Bayam juga kaya akan asam folat, salah satu asam amino yang terdapat dalam darah dan bagus untuk kesehatan jantung. Sedangkan kandungan inositol dan choline baik untuk mencegah pengerasan pembuluh darah.

4. Membantu mencegah kanker

Ternyata bayam juga mengandung flavonoid , yaitu senyawa anti kanker. Sebuah studi menjelaskan bahwa flavonoid dapat mencegah sel kanker untuk membelah diri pada jenis kanker kulit, kanker prostat dan kanker perut. Kandungan flavonoid juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker khususnya kanker payudara dan kanker rahim sebesar 34%.

5. Membantu diet

Anda yang sekarang sedang menjalani program diet, maka anda perlu juga mencoba bayam ini dan memasukkan-nya dalam menu diet anda. Karena bayam mengandung serat sebanyak 20%, sehinga baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

6. Anti penuaan Dini

Kandungan antioksidan dan vitamin A yang terdapat pada bayam dapat membantu untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan karena radikal bebas.

7. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan asam folat pada bayam dapat baik untuk menjada elastisitas di dalam pembuluh darah, efeknya sirkulasi darah menjadi lancar. Keseimbangan kalium dan sodium di dalam sayur bayam ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Baik untuk penyakit anemia

Zat besi yang terkandung pada bayam berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Bagi anda yang menderita sakit anemia atau kekurangan darah, alangkah baiknya rajin mengonsumsi sayur bayam ini.

9. Membantu peningkatan efesiensi otot

Tidak salah bisa film kartun popeye suka makan bayam. Banyak penelitian di dunia yang dilakukan dan hasilnya memang luar biasa. Bahkan sebuah penelitian di Swedia menyebutkan bahwa responder yang mengonsumsi bayam dapat mengurangi jumlah oksigen dalam otot saat latihan kegubaran sebesar 5%.

10. Membantu mencegah pengapuran

Kandungan vitamin K yang terdapat dalam bayam berperan aktif dalam proses yang dinamakan karboksilasi, yaitu proses untuk mencegah pembentukan kapur dalam jaringan tubuh.

11. Pengobatan gusi berdarah

Kandungan vitamin C pada bayam baik sekali untuk mengobati gusi berdarah, dengan cara mencampurkan dengan wortel yang dibuat jus.

12. Mencegah resiko terkena diabetes

Hal ini terutama bagi anda yang beresiko mudah terkena penyakit diabetes, jadi mengonsumsi bayam adalah pilihan terbaik. Karena konsumsi bayam yang rutin dapat menjada gula darah tetap stabil dan kandungan magnesium juga mencegah terjadi-nya komplikasi pada penderita diabetes.

Kesimpulan: Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi tubuh dan mengandung cukup banyak nutrisi bagi kesehatan. Perlu diperhatikan juga cara memasak bayam yang benar, yaitu jangan memasak terlalu lama karena akan menghilangkan nutrisi yang penting. Segera setelah bayam dimasak hendaknya cepat disantap, karena beberapa senyawa dalam bayam akan rusak apabila bersentuhan dengan oksigen. Sebaiknya disantap sebelum lima jam setelah bayam dimasak. Jangan sesekali untuk memanasi sayur bayam, karena tidak baik bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *