Cantik dan Sehat Berkat Liur Walet

Kemanjuran sarang walet tidak hanya dirasakan di jaman modern ini saja, tetapi sejak beratus-ratus tahun lalu manfaat burung burung anggota famili Apodiae ini mengema di seantero dunia. Mitos baik untuk kesehatan muncul dari pengalaman pengguna. Alir liur walet ini sangat bermanfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh,

Berdasarkan Riset Unggulan Terpadu. Ada 3 kelompok responden yang diteliti, yaitu: masyarakat, pengusaha, dan ilmuwan. Semua sepakat bahwa sarang walet punya banyak keampuhan. Antara lain, menjaga kesegaran tubuh, meningkatkan vitalitas, obat awet muda, memelihara kecantikan, dan menghambat kanker.

Source: id.wikipedia.org

Source: id.wikipedia.org

Menurut Dr. Cheng Ce, seorang spesialis kanker dari sekolah Kedokteran Tradisional di Propinsi Henan, Cina mengatakan bahwa air liur dari kelenjar Glandula Sub Lingualis itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, bukan berarti itu mengobati penyakit.

Sarang walet ini lebih berfungsi sebagai food suplement ibarat multivitamin di toko-toko obat. Asupan sarang walet akan menstimulus kinerja organ-organ tubuh menjadi lebih baik, kekebalan tubuh akan meningkat dan penyakit akan menyingkir.

Bacaa juga: Perawatan Wajah Menjadi Cerah Ternyata Tidak Instan

Pendapat serupa datang dari dr. H.M Yusuf, konsultan kesehatan di Rumah Sakit Pemerintah di Propinsi Guangdong, Cina. Menurutnya, saranga walet merupakan makanan kesehatan. Konsumsi rutin dapat menyeimbangkan Yin dan Yang tubuh. Jika sebanding, kemungkinan serangan penyakit menjadi kecil.

Kedua dokter lulusan Cina itu sepakat jika sarang merah yang paling tokcer. Terutama jika walet bersarang di tempat yang sama 3 kali berturut-turut. Di duga kandungan zat besi ada sarang walet yang merah lebih tinggi. Zat itu adalah unsur vital pembentuk sel-sel darah merah di tubuh. Darah merah bekerja hilir mudik mengangkut oksigen dan hasil oksidasi selama metabolisme. Karena it lumrah jika harga sekilo sarang walet merah 30% lebih tinggi dari yang putih.

Sarang walet kaya akan protein

Kajian ilmiah mengenai Yen Ou – sebutan untuk sarang walet di Cina, belum banyak dilakukan. Meskipun demikian, senyawa bioaktif diyakini ada. Senyawa itulah yang diduga memberi efek penyegar.

Misteri senyawa bioaktif Yen Ou, baru terkuak belakangan dengan teknologi identifikasi modern, seperti HPLC (High Performance Liquid Chromatography) dan GC-MS (Gaz Chromatograph Mass Spectrophotometry).

Protein berbentuk glikoprotein merupakan komponen terbesar selain karbohidrat, lemak, dan air. Jumlahnya mencapai 50%. Di dalam tubuh, protein berperan sebagai zat pembangun. Ia membentuk sel-sel jaringan baru serta berperan aktif selama metabolisme.

Protein asal hewan diakui lebih padat gizi lantaran punya ikatan senyawa yang lebih kompleks daripada protein nabati. Bahkan salah satu senyawa turunannya yaitu azitothymidine telah diteliti bisa melawan AIDS.

Istimewanya lagi, sarang walet merupakan sumber asam amino yang lebih lengkap. Tercatat sekitar 17 asam amino esensial, semi esensial, dan nonesensial yang dimilikinya. Salah satunya kini dikembangkan oleh peneliti-peneliti di barat untuk melawan stroke dan kanker.

Baca juga: Inilah 10 Tips Langsing Tanpa Diet

Mineral-mineral sarang walet tak kalah manjur untuk mendukung aktivitas tubuh. Ada 6 mineral yang sudah diketahui, seperti kalsium, besi, fosfor, kalium, dan natrium. Di dalam tubuh kalsium berperan sebagai senyawa untuk pembentukan tulang.

Sayangnya, mineral dan senyawa penting dari sarang walet itu mudah lenyap. Oleh karena itu, Dr Kong Yun Cheung dari Universitas Hongkong, menyarankan sarang walet tidak perlu dicuci. Sebab glikoprotein akan terbuang. Toh, sup sarang walet tetap menunjukkan manfaat. Sugesti penyantaplah yang diduga menjadi obatnya.

Populer sejak Dinasti Ming sampai sekarang

Popularitas sarang walet menanjak sejak zaman dinasti Ming (1368-1644). Lalu benar-benar meledak pada zaman dinasti Ching atau Manchu (1644-1912). Dalam kisah cina kuno diceritakan, sang raja yang beranjak tua tetap ingin tampak muda. Para penasehatnya lalu memberikan sup sarang walet.

Di negara mayoritas beretnis cina, sarang walet menjadi santapan spesial yang harganya mahal. Di jepang, sebuah iklan kosmetik, terang-terangan mempromosikan sarang walet untuk kaum hawa. Bahkan bunyi iklan tersebut adalah ‘saya ingin cantik sampai tak tertandingi, sarang burung walet ini memperindah tubuh’.

Kesimpulan: Sarang walet memang terkenal mahal harganya. Tetapi manfaat sarang walet sebanding dengan harganya. Bahkan kandungan protein dan mineral di dalam sarang atau liur walet ini sangat tinggi. Tidaklah mengherankan jika sarang walet menjadi sajian yang cukup mahal baik di restoran atau hotel berbintang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *