Cara Mengatasi Sinusitis – Jangan Biarkan Dingin

Udara mulai lembab. Cuaca dingin menjadi masalah bagi penderita sinusitis. Sulit bernapas karena hidung tersumbat, pusing, napas berbau membuat tersiksa. Musim hujan merupakan masa tidak menyenangkan, terutama bagi orang yang mempunyai riwayat alergi pada suhu yang dingin. Seseorang yang mempunyai alergi terhadap cuaca dingin, katika alerginya kambuh, maka dia akan terkena flu. Tak berapa kemudian area disekitar hidung akan tersumbat juga.

Penyakit sinusitis tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, ternyata juga banyak diderita anak-anak. Gejala sinusitis pada anak tidak khas dan sangat berbeda dengan orang dewasa.

cara mencegah sinusitis

Gejala utama pada anak adalah batuk dan pilek dengan disertai cairan yang keluar dari hidung. Batuknya juga dapat timbul sepanjang hari dan lebih sering ketika penderita berbaring, waktu tidur atau pun ketika bangun tidur.
Hal ini terjadi karena dalam posisi tidur cairan yang keluar dari daerah sinus ( disekitar hidung) menetes ke belakang hidung dan juga tenggorokan. Ini akan membuat tenggorokan menjadi sakit atau pun gatal. Pada akhirnya dapat timbul batuk-batuk.

Sedangkan cairan yang keluar dari lubang hidung pada awalnya adalah encer, dan jernih, tetapi lama-kelamaan akan menjadi kental dan berwarna hijau kekuningan. Pada sebagian anak, hal ini akan menyebabkan bau napas tidak enak, penciumannya juga akan terganggu, panas badan dan kepala terasa pusing. Gejala yang timbul ini memang mirip dengan infeksi saluran napas bagian atas.

Baca juga:  5 Obat Flu Alami Paling Ampuh

Yang patut dicurigai adalah adalah pada sinusitis akut bila gejalanya tetap ada lebih dari 5 sampai dengan 7 hari setelah diobati. Tetapi jika gejala batuk dan pilek tetap ada dan lebih dari 30 hari maka disebut sinusitis kronis atau sinusitis menahun.

Hindari penyebab

Tahukah anda jika penyebab timbulnya penyakit sinusitis antara lain dikarenakan lingkungan yang kurang bersih (karena tercemar), asap rokok, polusi pabrik, dan udara yang pengap (bau menyengat), debu rumah, udara yang dingin, karpet berdebu dan bau. Atau juga bisa karena korden di rumah yang kotor. Penyebab lain dari sinusitis adalah bakteri, infeksi virus, dan juga faktor alergi. Sedangkan penyebab lainnya adalah bentuk anatomi hidung yang tidak normal (seperti hidung yang bengkok), sekat di dalam rongga hidung yang membengkak, dan juga karena adanya trauma di daerah hidung.

Mengobati sinusitis tidaklah mudah. Selama penyebab dari penyakit ini belum diketahui, maka sinusitis ini tidak akan sembuh. Jikalau sembuh maka penyakit ini masih bisa timbul kembali.

Biasanya pengobatan meliputi, menghindari atau menghilangkan penyebabnya dan  obat-obatan untuk mengurangi gejala  batuk pilek serta hidung yang tersumbat. Nah, kalau penyebabnya hidung yang bengkok ditambah adanya faktor alergi maka diperlukan perawatan dan perhatian yang lebih telaten. Jika dengan upaya ini tidak juga berhasil, maka diperlukan tindakan operasi, bergantung dari kelaian yang ada.

Baca juga: Nutrisi Penting Untuk Mencegah Penyakit Influenza

Sinusitis bisa kambuh jika penyebabnya karena alergi. Alergi bisa disebabkan karena beberapa faktor, tergantung dari alergen-nya.

Jika alergi itu karena faktor genetis atau keturunan, maka akan sulir disembuhkan.

Supaya tidak terjadi sinusitis, maka pemicu alergi harus benar-benar dihindari. Selain dikarenakan cuaca atau udara yang dingin, beberapa jenis buah yang memiliki kandungan air juga perlu dihindari. Bagi sebagian penderita sinusitis, buah-buahan jenis ini menjadi momok bagi pemicu kambuhnya sinusitis.  Tetapi ada sebagian dari penderita sinusitis yang masih peka terhadap buah-buahan berair.

Pilih hanya yang hangat

Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu terjadinya alergi dan sinusitis. Untuk beberapa orang mungkin bisa muncul setelah mengkonsumsi beberapa jenis buah, seperti semangka, melon, dan tomat.

Penderita harus mengamati kondisi apa yang membuat sinusitisnya kambuh. Makanan yang bagi orang lain aman, belum tentu aman bagi penderita sinusitis. Jika mengetahui penyebab munculnya alergi adalah buah-buahan berair, maka hindari itu agar gejala tersebut tidak muncul.

Penderita sinusitis sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi air. Mengapa demikian? Dianjurkan mengonsumsi air hangat sebanyak 8 sampai 10 gelas sehari bisa mengurangi peradangan pada rongga hidung.

Air dingin atau air es adalah salah satu musuh utama bagi penderita sinusitis. Minuman dingin bisa menambah peradangan di rongga hidung dan juga lendir akan semakin menumpuk disana. Hal ini yang harus dihindari, baik yang kambuh atau yang sudah sembuh.

Konsumsi air hangat atau panas adalah wajib bagi penderita sinusitis. Semua jenis minuman bisa dikonsumsi, asalkan suhu nya masih hangat atau panas. Ternyata sering mengonsumsi air hangat lebih baik, karena lendir pada hidung yang berair akan menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Dari sisi gizi, pola makan penderita sinusitis harus tetap seimbang. Konsumsi sayur-sayuran dan juga protein hewani, termasuk di dalamnya telur dan daging.

Yang paling penting adalah tetap berolahraga sehingga daya tahan tubuh tetap kuat dan sinusitis akan berangsur membaik.

Kesimpulan: sinusitis merupakan suatu penyakit yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman, apalagi sinusitis yang disebabkan karena alergi, salah satunya adalah disebabkan karena cuaca dingin. Salah satu solusi yang mungkin dapat meringankan penderitanya adalah dengan mengonsumsi air hangat, seperti pemaparan diatas. Semoga artike singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *