Cara Sederhana Mengenal Stroke

Stroke adalah jenis penyakit yang dapat menyerang secara tiba-tiba, tetapi bila sudah terkena stroke membutuhkan perawatan dan pengobatan yang cukup lama. Stroke adalah suatu kondisi ketika pembuluh darah di otak pecah. Stroke juga salah satu penyebab utama kematian, bersaing dengan penyakit jantung. Bahkan di Indonesia sendiri, penyakit stroke menempati urutan ke tiga sebagai salah penyakit yang mematikan.

Studi kasus

Seperti halnya contoh kasus stroke berikut ini , yaitu ketika dalam suatu pesta seorang suami (sebut saja Dedi) datang bersama istrinya (mimi). Tanpa diduga si mimi tersandung dan jatuh. Pada saat itu mimi meyakinkan semua orang bahwa dirinya baik-baik saja. Kejadian yang dialaminya tadi dikarenakan sepatu barunya.

mengenali gejala stroke

Dedi dan mimi tetap menghadiri pesta tersebut sampai malam. Beberapa waktu kemudian setelah pesta, mimi dibawa ke rumah sakit. Dan pada pukul 6 pagi, mimi meninggal dunia.

Ternyata mimi terkena serangan stroke pada saat sedang menghadiri pesta. Jika saja diantara pengunjung pesta yang hadir di saat itu mengenali gejala stroke. kemungkinan mimi masih hidup.

Baca juga: Waspada Penyakit Stroke di Usia Muda

Seorang neurolog mengatakan, bahwa seorang penderita stroke dalam 3 jam pertama serangan dapat kembali sembuh total, jika dengan cepat dapat dikenali gejala, mendiagnosa dan membawa pasien untuk mendapat pengobatan sesegera mungkin. Jangan lewat dari 3 jam, karena dapat terjadi kerusakan permanen.

Cara sederhana mengenali STROKE

Menghafal : S – T – R. Para dokter mengatakan bahwa orang terdekat dengan penderita dapat mengenali stroke dengan cara menanyakan 3 pertanyaan sederhana, yaitu:

1. S = SMILE

Meminta penderita untuk tersenyum. Jika pipi terlihat miring, maka ada kelumpuhan saraf dan ini merupakan salah satu gejala stroke.

2. T = TALK

Meminta penderita untuk berbicara kalimat secara singkat, misalnya: Hari ini cerah atau kata yang lainnya. Jika saat ngomong terlihat “pelo”, ini juga merupakan gejala stroke.

3. R = RAISE BOTH ARMS

Meminta penderita untuk mengangkat kedua lengannya. Kalau tidak bisa mengangkat tangannya berari ada kelumpuhan dan ini juga merupakan gejala stroke.

Jika salah satu gangguan yang tampak dalam melakukan S-T-R ini. Segera bawa ke rumah sakit atau panggil ambulan dan ceritakan keadaan ini kepada petugas.

Baca: Apakah Mendengkur Menyebabkan Stroke? Temukan Jawabannya Disini

Cara lain untuk mengenali stroke adalah meminta orang tersebut untuk menjulurkan lidahnya. Jika lidahnya terlihat bengkok atau menyimpang ke satu arah, ini merupakan gejala stroke juga.

Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat menambah pengetahuan kita dalam memahami gejala awal dari stroke dan dapat menolong orang yang berada di dekat kita. Salam sehat!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *