Chemical Peeling – Bopeng dan Kusam Lenyap Seketika

Masa remaja menjadi salah satu masa yang terindah untuk kulit sehat. Memang banyak yang mendambakan kulit kembali seperti ketika masih remaja dan harus menjalani perawatan yang rumit. Sehat itu dalam arti kulit wajah yang cerah, dan tidak ada keriput yang halus, atau pun bopeng hitam bekas dari jerawat. Tentunya kulit wajah yang cukup sehat menjadi dambaan bagi sebagian besar remaja.

Kebiasaan yang kurang baik kerap sekali dilakukan para remaja, seperti halnya jarang mencuci muka, dan sering membiarkan wajah berkeringat, pola makan yang tidak teratur, dan juga banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Nah, kebiasaan ini lah yang sering menimbulkan masalah bagi kulit wajah.

perawatan cheemical peeling

Akan tetapi, bagi mereka yang mempunyai masalah pada kulit wajah tidak khawatir. Karena beberapa perawatan sederhana mampu mengatasi masalah kulit wajah terutama untuk remaja.

Untuk perawatan dan mengatasi masalah kulit wajah ini ada solusinya yang cukup sederhana yaitu dengan menggunakan perawatan chemical peeling. Meski pada dasarnya kulit wajah remaja itu tidak banyak bermasalah, perawatan untuk mendapatkan kulit sehat sangat diperlukan.

Chemical peeling adalah tindakan untuk mengangkat sel kulit yang telah mati. Caranya adalah dengan mengolesan bahan peeling yang bersifat acid atau bersifat asam seperti AHA (alpha hydroxyl acid) dan sejenisnya pada kedalaman tertentu.

Proses ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang mati. Selanjutnya akan merangsang proses di dalam regenerasi kulit.

Tindakan peeling bisa dilakukan pada usia remaja, hal ini dimulai dari usia 13 hingga 22 tahun-an yang mempunyai kulit bermasalah. Nah, manfaat yang paling cepat dirasakan setelah tindakan peeling, antara lain: mengeringkan jerawat, mengelupasnya sel kulit mati, mencerahkan kulit wajah, dan dapat mengurangi komedo.

Baca juga: Facial Kacang Hijau – Jerawat Tak Lagi Gawat

Terapi cheemical peeling dapat dilakukan setelah 3 sampai 4 minggu sesekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Rumitnya urusan jerawat

Jerawat atau acne memang dapat muncul dimana saja, seperti di daerah wajah, dada, leher, bahu, punggung, dan lengan atas. Jerawat muncul karena kondisi kulit, sumbatan pori-pori (komedo), jerawat bernanah, dan benjolan yang terdapat di beberapa bagian tubuh.

Namun, beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegahan dan pengobatan jerawat. Pencegahan dengan membersihkan wajah pagi hari dan malam saat hendak akan beristirahat dengan pembersih yang mengandung salicylic acid.

Lakukan aktivitas fisik. Dengan mengeluarkan keringat, pori-pori kulit tidak tersumbat. Metabolisme tubuh yang lancar dapat membersihkan kotoran yang terkandung di dalam darah.

Baca juga:  Metode Penyembuhan Jerawat Paling Cepat

Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih dan makanan yang berserat itu sangatlah penting. Janganlah memegang, menggaruk, atau pun memencet jerawat. Hindari makan makanan tertentu yang mungkin dapat memicu timbulnya jerawat dan menghindari tata rias yang terlalu tebal.

Khawatir kulit merah dan perih

Setiap tindakan pasti ada efek samping. Tapi, efek itu dapat diminimalkan atau dihindari. Setiap masalah pada kulit tubuh tindakan peeling yang sangat berbeda.

Untuk problem kulit ringan, perlu chemical peeling konsentrasi ringan. Pada problem kulit menjadi lebih berat, konsentrasi peeling sedang atau dalam.

Baca juga:  Manfaat Masker Emas Untuk Mencegah Keriput

Banyak orang yang mengkhawatirkan efek peeling. Biasanya kulit menjadi memerah setelah melakukan terapi. Memang tidak semua dan hal itu tergantung dari bahan peeling atau kadar konsentrasi dan durasi pembubuhannya.

Jika zat peeling dalam konsentrasi rendah jarang menimbulkan efek merah atau mengelupas, meski sedikit kemungkinan mengalami. Kalau kadar konsentrasi sedang, bahan aktif akan terasa sedikit gatal dan kulit kemerahan. Namun, berangsur menghilang 30 menit hingga 1 jam.

Pada kadar konsentrasi tinggi atau tindakan peeling yang lebih dalam, kulit akan terasa panas dan pedih, Itu bagian dari pengelupasan yang wajar.

Rasa panas dapat dinetralkan dengan kipas atau dianginkan-anginkan. Setelah itu kompres dengan air es. Setelah 2-3 hari terjadi pengelupasan dengan air es. Selanjutnya, kulit mengalami proses peremajaan. Sel-sel kulit berganti atau regenerasi.

Kesimpulan: Banyak cara dilakukan untuk mendapat kulit wajah yang sehat, berseri, bebas jerawat, bopeng dan juga komedo. Dengan melewati tahap-tahapan perawatan wajah, salah satunya adalah dengan chemical peeling. Perawatan juga sangat cocok dilakukan disaat usia muda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat dan bugar selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *