Deteksi Dini Gejala Penyakit Jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah melewati jaringan otot jantung yang tersumbat. Jika tidak segera ditanggulangi, bagian jantung tersebut akan kekurangan oksigen hingga menjadi rusak. Apabila sudah rusak, maka bagian jantung tersebut akan membawa seorang pengidap penyakit jantung menuju kematian.

Biasanya, penyakit jantung koroner atau yang biasa disebut juga dengan nama penyakit arteri koroner dapat menyerang secara mendadak tanpa diduga-duga sebelumnya. Jika yang semula orang tersebut terlihat sehat dengan serangan jantung yang secara tiba-tiba itu dapat menghilangkan nyawa dengan sekejab.

Source: https://pixabay.com

Source: https://pixabay.com

Dari banyak kematian mendadak, 80% diantaranya terjadi karena serangan jantung. Terbanyang bukan, bagaimana penyakit ini begitu menakukatkan bagi banyak orang. Bahkan penyakit jantung menjadi salah satu penyakit teratas yang mengakibatkan kematian di dunia ini.

Bahkan WHO menempatkan penyakit jantung sebagai penyakit pembunuh nomer satu di dunia ini. Dari data valid menyebutkan pada tahun 2008 saja sebanyak 7,25 juta orang telah terenggut nyawanya akibat penyakit mematikan ini. Tentunya semakin hari semakin bertambah. Oleh karena itu kita harus mewaspadai dan dapat mendeteksi sejak dini gejala-gejala awal dari sakit jantung ini.

Penyakit jantung paling sering terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah arteri oleh lemak pada dinding pembuluh darah jantung.Pada saat kadar kolesterol meninggi, lemak tersebut akan menumpuk dan membentuk plak di dinding pembuluh darah. Jika sudah begitu, aliran darah akan menyempit, bahkan dalam keadaan yang lebih parah lagi akan menyebabkan penyumbatan. Dalam istilah kedokteran penyakit seperti ini disebut dengan nama aterosklerosis.

Gejala penyakit jantung

Gejala awal serangan jantung yang sering terjadi adalah rasa nyeri yang sangat hebat di bagian dada seperti ditekan dan diremas, nafas menjadi sangat berat dan pendek, merasa ingin mual dan muntah, juga merasa seperti ingin pingsan, dan keluar keringat dingin. Tentu saja apa yang diderita setiap orang berbeda tergantung jenis sakit jantungnya. Terkadang orang memandang hal yang sama antara penyakit jantung dengan serangan jantung. Jika sakit jantung sebenarnya adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah, belum lagi adanya kelainan jantung bawaan seperti jantung bocor dan karena pembengkakan jantung. Sedangkan serangan jantung lebih diakibatkan karena penyumbatan, penyempitan atau pengecilan pembuluh darah yang membawa oksigen dan sari makanan menuju jantung. Untuk lebih jelas gejala penyakit jantung dapat anda baca dibawah ini.

Nyeri pada dada. Gejala ini mungkin saja timbul karena penyakit jantung atau penyakit yang lain. Untuk lebih jelasnya jika timbul rasa nyeri di dada alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter jantung.  Karena mungkin saja nyeri di dada teresebut karena penyempitan pembuluh darah.

Napas terasa sesak/sesak napas. Gejala seperti ini timbul bisa karena aliran darah terhambat yang seharusnya didistribusikan ke seluruh tubuh, menyebabkan denyut jantung tidak teratur, oto jantung mengalami penebalan dan kelainan pada katup jantung.

Mudah merasa cepat lelah. Hal ini dapat terjadi pada orang yang mengalami sakit jantung, bahkan untuk beraktifitas saja terasa berat dan mudah sekali capek dengan napas ngos-ngosan.

Cepat merasa mual. Orang yang menderita sakit jantung akan merasakan hal seperti ini, karena pembengkakan di bagian perut, akibatnya nafsu makan ikut berkurang.

Timbulnya rasa cemas. Penderita penyakit jantung biasanya sering merasa tegang, takut dan cemas. Oleh karena itu penderita tidak boleh mendapat bebab pikiran atau berpikir yang berlebihan karena dapat mempercepat terjadinya serangan jantung.

Terjadi pembengkakan. Pembengkakan yang menimpa penderita penyakit jantung ini biasa terjadi pada daerah perut, pergelangan kaki karena penumpukan  cairan pada tubuh. Segera konsultasikan pada dokter jika mendapati gejala seperti ini, dokter dengan alat medisnya akan mengurangi pembekakan itu setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan.

Sering mengeluarkan keringat. Bahkan pada saat tidak beraktifitas-pun keringat akan cepat keluar. Intinya terjadi gangguan metabolisme di dalam tubuh, segera konsultasikan kepada dokter.

Kesimpulan: Jika timbul gejala-gejala diatas makan segeralah untuk berobat ke dokter. Bisa saja gejala itu diakibatkan karenan penyakit yang lain. Hasilnya akan terlihat setelah mendapat diagnosa dari dokter dan menjalani serangkaian pemeriksaan. Tapi deteksi dini diperlukan untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Apalagi penderita penyakit jantung sekarang ini tidak menimpa orang tua saja, tetapi anak-anak, remaja dan dewasa bisa saja saja terkena penyakit ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *