Diet Paling Aman Bagi Penderita Diabetes

Bagi sebagian besar penderita diabetes mungkin mengalami kesulitan untuk melakukan diet. Bahkan cenderung mengalami kesulitan untuk menjalankan diet, dan cenderung kebingungan menentukan diet yang sehat tetapi tidak menyebabkan naiknya gula darah. Dan juga timbul pertanyaan berapa frekuensi terbaik bagi penderita diebetes dalam menjalankan diet ini. Memang diperbolehkan bagi penderita diabetes untuk menjalankan diet asalkan harus terukur kandungan kalori yang ada pada makanan.

Memang bagi penderita diabetes, makan dengan intensitas sering tetap dipebolehkan, karena untuk mencegah suatu kondisi yang disebut hipoglikemia. Hipoglikemia sendiri adalah suatu kondisi bagi penderita diabetes yang tiba-tiba bisa turun secara drastis. Kondisi hipoglikemia bisa terjadi pada penderita diabetes yang masih baru. Oleh karena itu dianjurkan bagi penderita diabetes ini untuk makan sebanyak kurang lebih enam kali sehari.Dengan ketentuan tetap tiga kali untuk makan yang utama dan yang ketiganya diselingi diantara waktu makan utama.

Source: en.wikipedia.org and pixabay.com

Source: en.wikipedia.org and pixabay.com

Pilihan karbohidrat yang tepat

Ternyata penderita diabetes ada juga yang mengalami kegemukan atau obesitas. Memang sering kali kita menjumpai penderita diabetes dimana berat tubuh mereka menurun drastis setelah menderita penyakit gula ini. Bahkan mungkin saudara atau kerabat kita sendiri. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi penderita diabetes juga mengalami obesitas. Bagi yang mengalami kondisi kegemukan memang dianjurkan untuk menjaga pola makan, dengan memperhatikan menu yang seimbang, misalnya kandungan nutrisi antara protein, karbohidrat, dan lemak. Tidak semua karbohidrat boleh dikonsumsi karena cukup mengandung banyak asupan gula. Pilihan karbohidrat yang tepat adalah yang bersifat kompleks, hindari yang karbohidrat yang bersifat simpleks.

Kabohidrat simpleks adalah jenis karbohidrat yang dapat diserap tubuh dengan cepat dan biasanya karbohidrat jenis ini terdapat pada gula, sirup, pemanis buatan, madu, tepung-tepungan, gula merah, dana beberapa terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran tetapi jumlahnya tidak banyak. Ada dua macam karbohidrat simpleks, Yaitu yang pertama mengandung gula monosakarida (fruktosa, galaktosa, glukosa), dan yang kedua mengandung gula disakarida (maltosa, laktosa, sukrosa). Senyawa sukrosa sering dijumpai pada buah-buahan, senyawa sukrosa mudah ditemui pada pemanis buatan, senyawa maltosa sering terdapat pada sereal yang terbuat dari biji-bijian. Hati-hati dengan maltosa, karena walaupun itu sedikit kandungan maltosanya tetapi dapat dengan cepat menaikkan kadar gula darah, Sebaiknya penderita diabetes menghindari mengonsumsi jenis karbohidrat simpleks. Bahkan dianjurkan untuk tidak dikonsumsi selama menjalani diet. Jika tetap mengonsumsi maka akibatnya gula darah akan cepat naik,

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang tidak langsung dapat diserap tubuh. Tetapi dicerna terlebih dahulu, ini memungkinkan bagi kadar gula dalam tubuh akan naik secara perlahan-lahan. Jenis karbohidrat ini sangat baik bagi tubuh karena mengandung vitamin dan serat. Kita dapat menjumpai karbohidrat kompleks pada pati, yaitu: kentang, nasi, jagung, roti, mie, dan juga  tepung gandum yang utuh atau kita biasa menyebutnya “whole wheat”.

Apa yang terjadi ketika gula darah naik? yang terjadi adalah kegagalan pembentukan insulin di dalam tubuh. Manusia tetap harus mendapatkan kadar insulin yang cukup, dengan tujuan agar dapat memasukkan gula yang asalnya dari darah ke seluruh bagian sel tubuh.

Makanan bagi penderita diabetes memang cenderung rendah karbohidrat, tetapi bukan berarti penderita diabetes ini tidak mengonsumsi vitamin, protein, dan juga mineral. Mengonsumsi buah segar seperti apel, mangga, pisang, jeruk juga sangat berguna tetapi harus dengan batasan tertentu. Mengonsumsi daging dan ikan juga perlu dengan kadar tertentu sesuai dengan anjuran dokter.

Source: https://pixabay.com

Source: https://pixabay.com

Menu diet sehat bagi penderita diabetes

Diet yang sehat juga menentukan keberhasilan dalam mengendalikan penyakit diabetes ini. Tanpa pengaturan diet yang tepat, maka akibatnya diabetes tidak terkontrol bahkan semakin parah, dan akibat terburuk adalah timbulnya komplikasi. Pemilihan makanan adalah tindakan yang tepat bagi penderita diabetes saat menjalani diet yang sehat. Karena tidak semua makanan itu cocok bagi penderita diabetes. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menentukan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan mempertimbangkan hal-hal berikut dibawah.

– Disarankan mengonsumsi karbohidrat dengan serat yang cukup tinggi, seperti halnya: beras merah, sayuran hijau, roti gandum, dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Walaupun konsumsi karhohidrat diperbolehkan tetapi jumlahnya tetap perlu diperhatikan. Total jumlah kadar karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari hendaknya sama, supaya gula darah tetap stabil, tidak naik dan turun.

– Membatasi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Jika menilik dari penyakit diabetes ini bisa menimbulkan komplikasi yang mengarah pada penyakit lainnya seperti penyakit stroke dan jantung yang berhubungan dengan pembuluh darah jantung dan otak. Untuk itulalah hindarai makanan yang mendandung lemak jenuh, seperti halnya margarin dan mentega.

– Jangan makan manakan yang mengandung kolesterol. Karena kadar kolesterol tinggi juga dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Untuk itu lebih bijaksana jika menghindari mengonsumsi jeroan dan kuning telur yang mengandung kolesterol tinggi.

– Memperbanyak makan ikan. Karena ikan mengandung omega 3 sehingga baik untuk kesehatan jantung. Sumber protein sebagai pengganti telur dan daging. Lebih baik jika ikan dimasak tanpa digoreng.

Kesimpulan: Diet dapat dijalani dengan kondisi tubuh bagaimanapun juga, termasuk saat menderita sakit diabetes. Tetapi diet yang dijalani haruslah sesuai anjuran dokter, tidak melanggar pantangan dan mengonsumsi makanan sehat. Pengaturan pola makan yang baik dapat menjaga kondisi gula darah tetap terjaga dan stabil. Diet sehat bagi penderita diabetes dapat membantu mempertahankan kondisi tubuh tetap prima.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *