Inilah Camilan Yang Menyehatkan

Camilan adalah kebiasaan yang sering kita lakukan diwaktu senggang. Camilan yang sehat adalah camilan yang tidak membuat kita gemuk. Camilan merupakan makanan kecil yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan santai, misalnya: kegiatan menonton tv, kegiatan membaca novel kesayangan anda atau nongkrong bersama teman-teman anda, ataupun kegiatan santai lainnya.

Walaupun ngemil adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan dan salah satu cara untuk menunda lapar, namun pemilihan camilan yang kurang tepat justru dapat membahayakan kesehatan kita. Dampak negatif bagi kesehatan tubuh disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah camilan tersebut memiliki kadar gula yang tinggi,  kandungan kolesterol dan lemak juga cukup tinggi, serta beberapa zat yang dapat menaikkan berat badan anda.

3237598408_5dfd5879ca_z

Dampak negatif yang lain dari camilan adalah rasa ketagihan atau kecanduan. Ketagihan akan makanan yang cukup parah memang sulit ditanggulangi, karena makanan menjadi siklus keseharian dari kita. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi kecanduan mengemil.

Sarapan merupakan kewajiban. Sarapan dengan gizi yang seimbang dan kaya akan serat. Sarapan jenis ini dapat mencegah turunnya gula darah yang relatif lebih singkat. Perhatikan waktu yang rawan untuk ngemil, waktu rawan ngemil biasanya pada pukul 10 pagi atau pukul 3 sore.

Anda harus pandai mengatur waktu ngemil. Yang paling baik adalah ngemil setelah makan makanan utama. Sehingga saat ngemil otak akan mengirim sinyal rasa kenyang.

Jangan lupa dengan asupan air putih. Memang kadang tubuh kita merasa haus, tapi justru rasa haus itu diganti dengan camilan. Oleh karena itu minum air putih membuat kita merasa kenyang juga.

Seperti halnya pada komputer, kita dapat menekan tombol “pause” pada saat rasa ingin ngemil tiba-tiba datang. Segera tanyakan pada diri anda, ” Apakah sudah sedemikian laparkah anda sehingga anda butuh camilan? dan apakah sehat camilan ini? segera jawab “tidak” dan jangan ngemil! Anda dapat mengalihkan perhatian dengan cara berjalan ke ruangan lain atau mendengarkan musik atau hal-hal lain yang menyenagkan.

Anda batasi atau menghentikan kegiatan ngemil. Sebagai langkah awal, anda dapat membatasi jumlah camilan lebih sedikit dari biasanya. Bila camilan sudah habis, hentikan untuk membelinya lagi. Memang lebih baik menghentikan sama sekali jika anda merasa sudah ketagihan. Anda dapat mencoba dalam kurun waktu 3 minggu. Biasanya kebiasaan ngemil akan berhenti, atau paling tidak akan mengurangi rasa kenikmantan-nya.

Segera ubah lingkungan dan kebiasaan. Menurut berbagai ahli nutrisi, ternyata biang keladi-nya bukan pada makanan, tetapi kebiasaan makan. Sebagai contoh kebiasaan ngemil popcorn sembari menonton TV diatas sofa kesayangan anda, anda dapat merubah kebiasaan ini dengan menonton TV di ruang lain, atau dengan duduk di kursi.

Janganlah takut bagi anda yang masih doyan ngemil. Anda tidak perlu sama sekali meninggalkan kebiasaan. Anda hanya perlu menyiasatinya.. Berikut ini beberapa tips untuk mengganti camilan yang jahat atau tidak sehat dengan camilan yang menyehatkan.

Gantilah es krim dengan smoothies! Seperti kita ketahui bahwa es krim mengandung penuh susu dan gula. Sedangkan smoothies itu memadukan rasa manis dari kesegaran buah dan susu. Didalam smoothies juga terkandung cukup serat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Gantilah popcorn anda dengan popcorn original. yaitu popcorn tanpa rasa manis dan asin. Kelebihan popcorn original atau popcorn polos yaitu rendah karbohidrat tapi kaya akan serat. Kalau anda menginginkan sedikit rasa lemak, dapat anda tambahkan minyak jagung atau minyak zaitun.

Bagi anda penggemar nachos, anda dapat makan nachos-nya saja. Anda dapat meninggalkan saus keju celupnya. Jika ingin saus celup, anda dapat membuat saus salsa (saus yang terbuat dari potongan tomat,cabe, bawang bombay, bawang putih, dan daun cilantro), atau anda bisa membuat saus guacamole (saus yang terbuat dari buah alpukat). Tetap anda batasi mengonsumsi nachos, karena proses pembuatannya dengan digoreng.

Jika anda penggemar permen atau penggila permen, anda dapat menggantinya dengan permen tanpa gula atau “Sugar Free Candy”, cara menikmati permen yang tepat adalah hisaplah permen secara perlahan-lahan, jangan menggigit atau mengunyahnya.

Hindarilah kacang goreng, anda dapat menggantinya dengan kacang rebus atau kacang sangrai.

Ubahlah kentang goreng menjadi kentang rebus atau kentang panggang. Untuk mendapatkan rasa gurih, dapat ditambahkan unsalted butter setelah direbus atau dipanggang. Atau anda dapat menciprati kentang dengan minyak zaitun sebelum kentang di panggang.

Pilihlah biskuit gandum yang kaya serat. Anda dapat mengolesi dengan krim keju jika ingin menambah rasa. Untuk porsi makan dapat anda batasi cukup 4 keping biskuti gandum.

Kesimpulan: Kesehatan sangatlah penting. Bagi anda yang gemar makan camilan, anda dapat segera menghentikan-nya untuk mendapatkan tubuh yang sehat atau mengganti camilan yang jahat atau tidak sehat dengan makan yang sehat. Hidup adalah pilihan dan inilah saatnya bagi anda untuk menentukan pilihan makanan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *