Inilah Makanan Untuk Menunjang Kecerdasan Otak

Otak adalah adalah bagian tubuh yang sangat penting dan merupakan pusat dari sistem saraf pada tubuh manusia. Mungkin anda pasti sering mendengar bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna, karena dibelaki oleh akal. Dan manusia bisa berpikir dan menggunakan akalnya, karena kerja dari otak. Ibarat komputer, maka otak adalah CPU-nya atau mesin yang memberikan semua instruksi pada komputer. Begitu juga otak yang berfungsi memerintahkan fungsi dari semua bagian tubuh manusia. Oleh karena itu otak harus dipelihara dengan asupan makanan yang bergizi. Nah, griyabugar akan mengupas  jenis-jenis makanan yang dapat menunjang kecerdasan otak atau membuat otak menjadi lebih pintar.

Tahukah anda bahwa volume otak manusia berkisar 1.350 CC dan di dalamnya terdapat kurang lebih 100 juta sel saraf yang dapat menunjang fungsi otak agar dapat bekerja lebih baik. Otak yang letaknya di dalam kepala ini mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagi berikut, yaitu:

Inilah Makanan Untuk Menunjang Kecerdasan Otak

  • Pusat pengendali tindakan yang dialami (pusat regulasi).
  • Mengatur organ-organ tubuh yang penting, seperti mengatur kerja hati, jantung, ginjal, dan lain-lain.
  • Sebagai alat sensor terhadap perasaan dan pengaturan emosi.
  • Pengaturan produksi hormon, baik itu hormon testosteron, dan lain sebagainya.
  • Menerjemahkan apa yang divisualkan oleh manusia, seperti menggerakkan bola mata, mengatur daya akomodasi (memperbesar dan memperkecil pupil mata), serta mengatur gerakan tubuh manusia.

 

Dengan otak yang sehat maka dapat mendorong organ tubuh yang lain menjadi sehat pula. Sebaliknya, jika otak tidak sehat maka akan berpengaruh terhadap bagian yang lain atau menjadi masalah bagi bagian tubuh yang lain. Menurut ilmu sains, bagian otak terdiri dari otak besar (cerebrum), otak kecil (Cerebellum), Batang otak (Brainsteam).

Karena fungsi otak yang sangat penting, maka kita harus menjaganya dengan baik dari hal-hal yang membuat otak menjadi cidera atau mengalami kerusakan. Otak juga berhubungan dengan kecerdasan seseorang, maka kemampuan berpikir atau tingkat kecerdasan setiap orang juga berbeda-beda. Namun, jangan khawatir anda masih dapat menambah kecerdasan otak dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Baca juga: 8 Cara Mengoptimalkan Aktivitas Anak

Sebelum kita membahas jenis makanan yang dapat menambah kecerdasan otak atau meningkatkan IQ, anda harus mengetahui masa yang paling tepat untuk membuat otak menjadi lebih pintar dengan asupan makanan yang sesuai. Nah, masa yang tepat untuk merangsang perkembangan otak adalah mulai dari bayi hingga menginjak usia remaja. Faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan seseorang adalah faktor keturunan, keadaan lingkungan, dan juga jenis asupan makanan. Adapun makanan yang tepat untuk menambah kecerdasan seseorang adalah sebagai berikut:

1. Beras merah dan gandum

Beras yang umumnya dikonsumsi keluarga di Indonesia adalah beras putih yang memang sudah melekat di lidah masyarakat Indonesia. Tetapi tidak ada salahnya jika mencoba jenis beras lain yang tidak kalah sehatnya dengan beras putih yang biasa di konsumsi. Beras yang satu ini sangat bagus untuk membuat otak lebih cerdas, yaitu beras merah dan gandum. Karena keduanya kaya akan vitamin dan juga mineral, seperti magnesium.

Source: commons.wikimedia.org

Source: commons.wikimedia.org

2. Sayur-sayuran

Makanan lain yang dapat membuat otak menjadi pintar adalah sayuran. Banyak ragam sayuran yang dapat anda beli di pasar atau tersedia di kebun, untuk jenis sayuran yang dapat anda konsumsi untuk menambah kecerdasan otak diantaranya seperti: bunga kol, bayam, wortel, brokoli, dan tomat. Kandungan nutrisi di dalamnya dan senyawa antioksidan dapat berfungsi untuk mendorong sel otak menjadi lebih sehat dan cerdas tentunya.

Source: Pixabay.com

Source: Pixabay.com

3. Ikan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika ikan sangat berperan di dalam memberikan nutrisi terbaik baik otak, terutama dapat ditemukan di dalam ikan salmon. Ikan yang bertelur dan menetas di perairan air tawar atau di sungai, kemudian berimigrasi ke lautan, dan kembali ke air tawar. Siklus hidup ikan yang cukup unik inilah mengapa ikan salmon cukup baik bagi kesehatan, khususnya untuk kecerdasan dan tumbuh kembang-nya otak. Tidak salah jika harga ikan salmon di pasaran relatif mahal.

Baca juga: Otak Juga Butuh Istirahat

Di sebuah penelitian disebutkan bahwa barang siapa yang menyukai ikan khususnya anak, maka akan memiliki daya ingat yang tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukai ikan, bahkan tidak pernah mengkonsumsi ikan. Khususnya ikan salmon, karena ikan banyak mengandung protein dan juga Omega-3, EPA dan DHA yang sangat penting untuk kecerdasan otak.

Source: pixabay.com

Source: pixabay.com

Kesimpulan: Karena otak sangat berperan penting sebagai pengendali semua bagian tubuh maka haruslah kita jaga kesehatannya agar dapat tetap berfungsi dengan baik. Jangan sampai otak cidera karena akan mengurangi fungsinya dan tentu akan berpengaruh terhadap bagian tubuh lainnya. Bahkan semua perintah gerakan tubuh juga bermula dari otak. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak bahkan menambah kecerdasan otak yaitu memberi asupan makanan yang tepat. Diantaranya seperti beras merah dan gandum. sayur-sayuran, dan ikan. Ingat tidak ketika masih kecil, guru atau orang tua kita menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan memang ada benarnya. Karena bayi dan anak-anak adalah masa yang tepat untuk tumbuh kembang otak. Ikan yang paling memang ikan laut, terutama ikan salmon. Walaupun harganya lebih mahal tetapi sepadan dengan fungsinya yang sangat baik bagi otak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *