JERUK NIPIS: Ramuan Herbal Untuk Pengobatan Penyakit

Jeruk nipis adalah jenis dari tanaman perdu yang mempunyai banyak dahan dan ranting. Batangnya berkayu keras. Biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan. Jeruk nipis termasuk dalamn golongan suku Rutaceae.

Siapa yang tak mengenal buah yang bentuknya mungil dan mempunyai rasa yang khas ini. Ternyata dibalik bentuk buahnya yang mungil, ternyata jeruk nipis menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan dan dunia kecantikan. Memang pada dasarnya di dalam jeruk nipis terkandung vitamin C dan juga senyawa antioksidan yang tinggi.

Source: https://pixabay.com

Source: https://pixabay.com

Di dalam jeruk nipis terkandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, felandren, limonen, timon kamfer), dan vitamin B2.

Dalam keadaan mendesak atau jika salah salah satu anggota keluarga anda sakit atau juga anda sendiri yang mengalami gangguan kesehatan, maka jeruk nipis dapat menjadi alternatif sebagai obat herbal yang manjur. Berikut ramuan-ramuan yang berasal dari jeruk nipis yang dapat anda buat di rumah dan sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa macam keluhan penyakit.

Batuk

Satu buah jeruk nipis diperas, dicuci dan dicampur dengan setengah sendok kecap dan sedikit garam. Diaduk sampai rata, saring dan diminum untuk 3 kali sehari. Atau 1 buah jeruk nipis dicuci, diperas, tambahkan air hangat dan sepotong gula batu. Aduk rata dan saring. MInum satu kali sehari sampai batuknya sembuh.

Sembelit

Satu buah jeruk nipis dicuci dan diperas airnya. Haluskan 3 siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci bersih, tambahkan asam kawak sebesar telur puyuh dan 1 sendok minyak kayu putih, , dan sedikit air matang. Campur dengan air jeruk. Setelah itu oleskan ke seluruh bagian tubuh, yang paling utama adalah disekitar perut.

Ambeien

Ambil akar pohon jeruk nipis dan cuci sampai bersih. Rebus akar pohon jeruk nipis itu dengan 1 liter air selama kurang lebih setengah jam. Saring dan minum airnya.

Haid tidak teratur

Ambil 3 sendok makan air jeruk nipis, madu, dan 2 gelas air panas. Aduk sampai rata. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

Sakit kepala atau Vertigo

1/2 genggam daun jeruk nipis, dicuci dan dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan pada tengkuk, dahi dan pelipis. Lakukan perawatan ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Suara Serak

2 jeruk nipis dicuci. Beri dengan sedikit kapur sirih, garam dapur, 1 sendok makan madu murni dan 3/4 gelas air mendidih. Aduk sampai rata ramuan ini dan minum sekaligus ketika menjelang tidur malam. Lakukan hal ini selama seminggu sekali.

Bau Badan

Ramuan I: Irisan jeruk nipis diolesi kapur sirih. Ulaskan ke ketiak setelah mandi, biarkan selama beberapa saat dan bilas hingga bersih. Lakukan hal ini setiap pagi dan sore.

Ramuan II: Beberapa helai daun muda jeruk nipis, ditumbuk sampai halus, dicuci dan dilumatkan, Pulung kecil-kecil seperti bentuk pil. Makan 3x sehari sesudah makan.

Menambah nafsu makan

Sesendok air jeruk nipis diberi gula secukupnya. Minum dua kali sehari sesudah makan.

Mencegah rambut rontok

2 jeruk nipis dicuci, kemudian diiris menjadi 3 atau 4 bagian. Setelah itu oleskan air jeruk nipis pada kulit kepala secara merata, bungkus kepala dengan handul semalaman. Kemudian keramas pada keesokan harinya. Lakukan perawatan rambut mengunakan jeruk nipis ini 3x seminggu.

Sakit kepala atau pusing tiba-tiba

Peras jeruk nipis dan tuangkan perasan airnya kedalam segelas teh yang kental. Tambahkan sedikit garam dan minum sekaligus.

Ketombe

Oleskan air perasan dari satu atau dua buah jeruk nipis ke seluruh kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit, lalu keramas. Setelah melakukan perawatan ini atau setiap kali akan mencuci rambut, biasanya ketombe akan hilang.

Influenza

Ambil 1 buah jeruk nipis, cuci dan panggang sebentar. Kemudian jika sudah agak dingin belah jeruk nipis dan langsung diperas ke dalam mulut.

Sakit Demam

Ramuan I: 1 buah jeruk nipis dicuci dan diperas, 3 siung bawang merah dikupas, dicuci dan dihaluskan. kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita sakit demam.,

Ramuan II: Air perasan dari 1 buah jeruk nipis ditambah 2 sendok makan madu. Minum sekaligus untuk meredakan demam-nya.

Amandel

Kulit dari 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 3/4-nya. Kemudian saring dan kumur-kumur airnya. Setelah itu dapat diminum. Lakukan selama 3 sampai 4 kali setiap hari, masing-masing 3 sendok makan.

 

https://pixabay.com

https://pixabay.com

Kesimpulan: Jeruk nipis yang biasa kita jumpai sebagai bahan memasak atau untuk membuat es jeruk di warung-warung makan , ternyata kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Dalam keadaan  mendesak-pun jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan keluhan-keluhan yang pada tubuh. Tentu saja keluhan tersebut bersifat ringan, tetapi jika terapi dengan jeruk nipis ini tidak membuahkan hasil maka segera hubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut. Terapi pengobatan dengan ramuah herbal dapat bekerja secara berlahan dan harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *