Makanan Kaya Serat Untuk Jantung Sehat

Penyakit jantung tentu saja menjadi salah satu penyakit yang menakutkan. Mengapa bisa demikian? Sebab, penyakit ini termasuk penyebab kematian dalam urutan tertinggi bahkan di dunia dan termasuk Indonesia. Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak menyadari akan keganasan penyakit jantung ini. Hal ini karena gejala dan indikasi dari penyakit jantung tidak banyak disadari oleh penderitanya. Bahkan sering kali malah ditemukan penderita penyakit jantung ini sudah berada dalam keadaan yang kronis. Sungguh ironis memang. Tetapi jangan khawatir, karena dengan asupan makanan yang berserat dapat membuat jantung anda lebih sehat.

Penyakit jantung, mitos atau fakta?

Ketidaktahuan terhadap penyakit jantung ini memang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Selain indikasi dan gejala yang memang tidak dikenali, sebagai masyarakat yang awam mempercayai akan mitos bahwa penyakit jantung akan menyerang hanya pada beberapa kelompok tertentu saja.

Source: Pixabay.com

Source: Pixabay.com

Misalnya, penyakit ini hanya menyerang orang yang mempunyai kelebihan berat badan atau bertubuh gemuk, orang tua atau lanjut usia, bahkan hingga penyakit turunan yang memang tidak dapat disembuhkan.

Baca juga: Deteksi Dini Gejala Penyakit Jantung

Padahal faktanya tidaklah demikian. Penyakit jantung juga dapat menyerang bagi mereka yang berusia muda. Seperti halnya bagi mereka yang menerapkan pola hidup yang tidak sehat  yang memang dijalani oleh penderita semenjak dini, sehingga dapat memicu risiko akan terkena penyakit jantung.

Misalnya, sejak usia dini sangat gemar untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan lemak dan juga tinggi kadar gulanya, malas untuk berolahraga, dan bagi yang biasa mengkonsumsi alkohôl.

Sedangkan mitos penyakit jantung hanya menyerang orang yang bertubuh gemuk juga merupakan hal yang salah kaprah dan menjadi mitos belaka. Ternyata orang yang bertubuh kurus pun juga bisa terserang penyakit jantung. Karena pada dasarnya penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik itu orang yang mempunyai tubuh gemuk atau pun orang yang mempunyai tubuh kurus.

Sebagai pemicu, orang tersebut memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, kadar gula dan juga tekanan darah yang tinggi. Ketiga hak tersebut sering disebut sebagai ‘silent killer’ yang akhirnya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Satu hal lagi yang perlu dicermati adalah penyakit jantung sebagai penyakit turunan yang tidak dapat dicegah, sebaiknya pemikiran seperti ini cepat-cepat dirubah. Mengapa? Karena walaupun keluarga anda juga memiliki riwayat penyakit jantung turunan, bukan berarti anda lalu menyerah pada takdir dan akhirnya menjalani pola hidup yang tidak sehat.

Cara mencegah penyakit jantung dengan makanan kaya serat

Sebenarnya anda dapat mencegah penyakit jantung sejak dini dengan menjalani pola hidup yang sehat, seperti halnya rajin mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan juga kadar gula secara teratur.  Anda juga sekaligus dapat menjaga berat badan, mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan menghindari rokök.

Source: www.flickr.com

Source: www.flickr.com

Baca juga: Penyakit JANTUNG: Ketika Sehat Menjadi Pilihan

Banyak sekali makanan yang bergizi, seperti halnya buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan oatmeal yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bahkan dengan mengkonsumsi oatmeal dengan teratur maka akan dapat menstabilkan kadar kolesterol dan juga kadar gula dalam darah.

Oatmeal mengandung banyak sekali serat yang sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol dan juga kadar gula yang cukup tinggi di dalam tubuh.

Penelitian mendukung betapa pentingnya peran dari serat pada oat berkaitan dengan kesehatan jantung, terutama untuk penurunan kadar kolesterol secara total dan kadar LDL (Low Density Lipoprotein).  Bahkan penelitian juga menunjukkan peran serat di dalam oatmeal untuk penurunan diabetes.

Baca juga:  Waspada Sakit Jantung dan Stroke

Dengan penurunan akan respon glukosa setelah anda makan dan perbaikan terhadap sensitivitas insulin. Walaupun peran serat pada otot di dalam oatmeal untuk mengendalikan perasaan kenyang dan juga berat badan yang masih terbatas.  Karakteristik dari physiochemical dari serat di dalam oatmeal dapat sekaligus berperan untuk mengendalikan beat badan dan sekaligus dapat meningkatkan rasa kenyang. Nah, penemuan-penemuan seperti inilah yang telah menunjukkan bahwa dengan menambahkan oatmeal ke dalam menu diet sehari-hari akan memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Kesimpulan: jantung sebagai salah satu penyakit yang bisa dibilang mematikan ini harus mendapat perhatian yang serius. Penyakit jantung yang hanya menyerang orang lanjut usia, orang yang gemuk saja ternyata tidak benar dan hanya mitos belaka, karena penyakit jantung bisa juga menyerang di usia muda, orang yang kurus dan dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Sedangkan penyakit jantung dapat dicegah dengan mengasup makanan yang kaya akan serat, seperti halnya oatmeal. Penambahan oatmeal pada menu makanan sehari-hari adalah pilihan yang tepat, bahkan cocok sebagai pendamping menu diet. Semoga artikel ini berguna bagi kita yang ingin menjaga jantung agar tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *