Manfaat Sehat Ikan Salmon Yang Menakjubkan bagi Tubuh

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan terbaik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari kesehatan otak terutama bagi anak, sampai dengan kesehatan jantung. Walaupun salmon bukan ikan asli dari perairan indonesia, namun jika melihat manfaatnya yang sangat besar sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja. Griyabugar akan memberikan informasi mengenai manfaat ikan salmon bagi kesehatan.

Ikan salmon terkenal dengan kandungan Omega 3 yang sangat tinggi. Selain baik untuk perkembangan otak, Omega 3 ini merupakan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan bagi orang dewasa Omega 3 sangat baik untuk meregenerasi sel. Selain Omega 3 (DHA dan EPA), ikan salmon juga kaya akan protein dimana selain bagus untuk membantu otak dan saraf, juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Source: pixabay.com

Source: pixabay.com

Berikut ini manfaat mengkonsumsi ikan salmon bagi kesehatan yang harus anda ketahui.

1. Membantu mengobati radang sendi dan sakit radang yang lain

Kandungan protein di dalam ikan salmon yang disebut dengan peptide bioaktif, terbukti dapat mengatur, meningkatkan, serta menstabilkan sintetsi kolagen yang terdapat pada tulang rawan osteoartritik pada manusia. Khususnya protein jenis kalsitonin. Protein pada ikan salmon ini telah terbukti mampu meningkatkan kekuatan serta kepadatan pada tulang.

2. Dapat mengurangi depresi

Dengan berkurangnya tingkat depresi, tentu saja dapat menyehatkan fungsi otak dan sekaligus sistem saraf. Dengan rajin mengkonsumsi ikan salmon telah dikaitkan dengan berkurangnya risiko depresi dan menurunkan kognitif pada orang yang lanjut usia.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Salmon sangat baik untuk kesehatan jantung karena kandungan Omega 3, EPA, dan DHA yang tinggi. Ketiga senyawa ini sangat baik terhadap manfaat kardiovaskular. serta dapat mengurangi peradangan. Jika rutin mengkonsumsi salmon dua sampai tiga kali seminggu, maka dapat melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan trigliserida yang tinggi.

Source: pixabay.com

Source: pixabay.com

Baca juga: 7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Laut Bagi Kesehatan

4. Membantu perkembangan otak anak

Bagi orang tua yang rajin memberikan ikan salmon sebagai menu yang sehat untuk buah hatinya, ternyata sangat baik untuk meningkatkan kemampuan belajar dan juga prestasi akademik di sekolahnya. Salmon yang kaya akan DHA ini merupakan asam lemak struktural utama di dalam saraf pusat dan juga retina. Bahkan kabarnya ikan salmon baik juga dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui.

5. Sumber vitamin D

Salmon ini terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama menjaga tubuh dari kekurangan vitamin D. Karena kekurangan vitamin D merupakan pencetus penyakit jantung, radang sendi,, diabetes tipe 1, bahkan penyakit kanker.

6. Kaya akan nutrisi

Nutrisi yang terkandung di dalam ikan salmon ini sudah tidak diragukan lagi. Bahkan sebanding dengan sayuran hijau yang juga mengandung protein, asam lemak Omega 3, dan vitamin B. Bahkan nutrisi tersebut juga merupakan pelengkap dari senyawa antioksidan dan vitamin C.

7. Mencegah kerusakan sel

Ikan salmon merupakan sumber selenium, yaitu merupakan salah satu mineral yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Hal ini sangat berkaitan dengan penurunan risiko radang sendi, menjaga sistem imunitas tubuh dan tiroid, dan sekaligus menjaga jaringan tubuh dari kerusakan sel.

Mengolah ikan salmon jangan digoreng karena khasiatnya akan berkurang

Seperti ikan laut yang lain dan hidup di perairan laut dalam, mengkonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 memang sangat dianjurkan. Tetapi jangan salah di dalam penyajiannya.

Source: pixabay.com

Source: pixabay.com

Menurut dokter spesialis gizi mengatakan bahwa pengolahan ikan salmon jangan digoreng. Karena dengan menggoreng maka khasiat ikan salmon akan berkurang. Kandungan Omega 3-nya akan rusak dengan titik didih minyak dalam penggorengan sebesar 100° Celcius.

Baca juga: Yuk Makan Ikan!

Ternyata tidak hanya jenis makanan saja, tetapi cara pengolahan makanan juga dapat menentukan tidak sehatnya makanan tersebut. Cara pengolahan makanan yang sehat sebaiknya dengan cara dikukus, di pepes atau dibuat sup. Hal ini juga bisa dipakai untuk mengolah bahan makanan yang lain.

Makanan yang digoreng bukan manfaat sehat yang didapat. Karena makanan yang digoreng akan merusak minyak menjadi lemak jahat atau istilahnya asam lemak trans. Jika terlalu mengkonsumsi makanan yang digoreng maka kadar lemak trans di dalam tubuh juga cenderung akan meningkat. Akibatnya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalah darah.

Lemak trans yang menumpuk di pembuluh darah akan memicu ternjadinya penyumbatan, sehingga mudah terkena sakit jantung dan stroke.

Kesimpulan: Ikan salmon adalah jenis ikan sangat kaya akan Omega 3 dan baik untuk kesehatan otak serta organ tubuh yang lain. Walaupun bukan asli ikan dari perairan Indonesia tetapi sekarang anda mudah mendapatkan ikan ini di pasar modern dalam bentuk daging ikan atau fillet. Banyak sekali manfaat yang di dapat dari ikan salmon ini khususnya untuk kesehatan. Tetapi ingat, cara mengolah salmon yang benar sebaiknya di kukus, atau dipepes karena jika digoreng maka akan mengurangi manfaat sehat-nya. Semoga artikel manfaat ikan salmon bermanfaat bagi kita semua untuk lebih memperhatikan kesehatan dan kegubaran tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *