PEPINO: Buah Unik Yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Khasanah buah-buahan Indonesia mulai banyak diramaikan dengan pendatang baru seperti melon dan stroberi yang kemudian dianggap sebagai buah lokal. Ada satu jenis buah lagi yang mulai dilirik, yaitu buah pepino. Buah pepino adalah buah unik yang kaya manfaat, terutama bagi kesehatan. Tidak kalah dengan buah lain yang lebih populer. Griyabugar akan mengulasnya untuk anda semua tentang buah yang unik ini dan manfaat buah pepino untuk kesehatan.

Buah pepino ini berbentuk lonjong menyerupai terong dan warnanya keungu-unguan dengan corak bergaris. Sebenarnya buah ini sudah hadir sejak penjajahan Belanda, tetapi tidak ada yang meliiriknya. Buah ini dianggap tidak istimewa, selain bentuknya biasa rasanyapun tidak istimewa dan tidak terlalu manis, tidak asam dan tidak hambar.

Source: commons.wikimedia.org

Source: commons.wikimedia.org

Apa yang membuat pepino ini mulai dicari? hal ini dikarenakan adanya informasi gencar baik di media maupun dari mulut ke mulut bahwa dari hasil penelitian mutakhir, pepino memiliki keunggulan yang dikaitkan dengan gizi dan kesehatan.

Mengenal pepino

Pepino berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan dan tumbuh subur di dataran tinggi yang berhawa sejuk di negara-negara Chili, Peru dan Columbia dan menyebar ke beberapa negara termasuk di Indonesia.

Baca juga: SANTAN: Bahaya Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Pepino dengan bahasa latin Solanum Muricatum Aiton merupakan buah yang masih satu famili dengan keluarga terong-terongan. Itulah sebabnya bentuknya menyerupai terong dengan varian oval, bulat telur dan agak panjang. Beratnya dapat mencapai 1/4 kilogram.

Buah ini berasal dari bahasa Spanyol yaitu Pepino Dulce yang artinya mentimun manis. Pepino mempunyai banyak nama, seperti: pepino melon, tree melon, mellow fruit, melosa, melon pear dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri dikenal dengan nama buah husada dewi atau melodi ungu. Rasanya adalah kombinasi antara mentinum, melon dan blewah. Di Indonesia tumbuh di daerah berhawa sejuk seperti Puncak, dataran tinggi Dieng dan dataran tinggi Karo.

Source: www.flickr.com

Source: www.flickr.com

Ada dua jenis Pepino yang terdapat di Indonesia, yaitu pepino ungu dan pepino putih. Pepino ungu mempunyai warna kulit berbintik putih dengan corak garis ungu tua dan memiliki daging buah berwarna jingga. Sedangkan pepino putij memiliki kulit kehijauan atau berwarna gading dengan corak garis ungu yang bisa berubah kekuningan jika sudah matang dengan daging buah berwarna kuning pucat.

Kandungan gizi buah Pepino

Dari hasil penelitian mutakhir, ternyata pepino mengandung berbagai zat yang cukup tinggi dalam bentuk vitamin, mineral, dan fitokimia. Mineral yang terdapat dalam pepino cukup beragam dengan kandungan yang cukup tinggi, seperti zat besi (Fe), seng (Zn), tembaga (Cu), mangan (Mn), zat kapur (Ca) dan Fosfor (P).

Tembaga, seng, dan mangan merupakan zat antioksidan. Kandungan vitaminnya cukup tinggi, yaitu vitamin C (25,1 mg/100g), betakaroten (26,6 mg/100g) juga merupakan jenis vitamin yang bersifat antioksidan kuat.

Seperti halnya dengan buah-buahan pada umumnya yang mempunyai kandungan serat yang tinggi, kandungan lemak dan karbohidrat yang sangat rendah. Dari kandungan gizi dan nutrisi diatas maka tidak heran jika pepino digolongkan sebagai superfruit.

Manfaat buah pepino bagi kesehatan

Peranan antioksidan sangat banyak antara lain dapat mencegah penuaan dini, menurunkan risiko penyakit jantung atau penyakit degeneratif lainnya. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara maksimal, pilih jenis buah pepino yang tidak terlalu matang dan dimakan dalam bentuk segar.

Sedangkan beta karoten akan diubah di dalam tubuh menjadi vitamin A yang selain berfungsi sebagai antioksidan juga berfungsi membantu lancarnya metabolisme, reproduksi maupun menghindari dari rabun senja, xerophthalmia bahkan kebutaan.

Antioksidan yang baik terdapat dalam mineral maupun vitaminnya juga dapat mencegah timbulnya penyakit kanker, paru, dan kulit. Sedangkan untuk anak-anak juga dapat meningkatkan kecerdasan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat mencegah sembelit, gangguan pencernaan, mencegah wasir bahkan mencegah terjadinya darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

buah pepino dan khasiatnya

Baca juga: Khasiat Zucchini Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Serat juga berperan untuk memudahkan pembuangan sampah hasil pencernaan, selain itu dapat mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan. Bagi penderita diabets melitus, serat berperan mengendalikan gula darah. Lemak yang rendah mempunyai fungsi untuk menjaga berat badan selalu di kisaran normal. Dari fakta-fakta keunggulan pepino inilah orang banyak melirik buah unik tersebut.

Cara mengkonsumsi buah pepino

Selain agar kandungan gizinya tidak turun, buah pepino sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar dan tidak terlalu matang. Karena rasanya yang kurang mengundang selera, diperlukan trik-trik tertentu untuk menyiasatinya.

Buah pepino akan lebih enak rasanya bila dikonsumsi dengan buah-buahan yang lain yang rasanya lebih enak, seperti dibuat jus, sup buah, cocktail dan lain-lain. Beberapa contoh jus pepino dicampur dengan stroberi, blewah atau melon, untuk dicampur sebagai sup buah bisa menggunakan buah apel, nangka, stroberi, kiwi, mangga yang dipotong-potong dan diberi sirop atau susu kental manis.

Baik juga dicampur sebagai salad, pepino dicampur dengan wortel, buncis, kentang, bit, kacang merah, dan diberi saus thousand island.

Kesimpulan: Buah pepino sudah mulai dikenal masyarakat walaupun tidak sepopuler buah-buahan lainnya. Tetapi menilik kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya, seperti kandungan antioksidan dan betakaroten sungguh sayang jika buah ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Jika pertama anda mengkonsumsinya mungkin terasa aneh, tetapi anda dapat mensiasatinya dengan mengolah menjadi masakan atau dicampur dengan buah yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

 

One thought on “PEPINO: Buah Unik Yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *