Plus-Minus Bedah Plastik dan Sedot Lemak

Bukan Cuma artis yang suka bedah plastik, siapapun juga pasti ingin tampil cantik dan berani mengambil risikonya, melakukan bedah plastik. Sah-sah aja, tuh. Selain memiliki wajah yang cantik tentu saja tubuh harus terlihat ideal, salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan sedot lemak.  Nah, griyabugar pada kesempatan ini akan mengupas tentang plus-minus bedah plastik dan sekaligus sedot lemak.

Bedah plastik

Ada dua jenis bedah plastik, yaitu bedah rekonstruksi dan bedah estetika. Bedah rekonstruksi adalah tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah cacat serta kelainan pada kulit, jaringan lunak, rangka tulang dan juga otot dibawahnya. Cacat tersebut bisa memang berupa bawaan dari lahir, kecelakaan, ataupun akibat infeksi. Contohnya adalah bedah plastik bagi yang mempunyai mempunyai cacat lahir bawaan bibir sumbing. Dengan melakukan bedah ini, rongga yang terdapat di dalam mulut maupun di bibir, dapat diperbaiki.

biaya bedah plastik

Berbeda dengan bedah rekonstruksi, bedah estetika atau lebih dikenal pula dengan nama bedah kosmetik, ditujukan untuk mengubah bentuk tubuh atau wajah yang sebenarnya normal, sesuai dengan bentuk wajah yang diinginkan. Seperti mengubah bentuk hidung menjadi lebih mancung, memperbesar payud*ra yang kecil menjadi lebih besar, atau mengubah mata yang sipit menjadi berkelopak. Nah, ini dia yang sekarang ini banyak dilakukan oleh banyak orang.

Membuat kelopak mata

Memiliki mata sipit terkadang menjadi seperti aib. Padahal, mata sipit tidak berarti tidak indah. Banyak orang yang bermata sipit ingin membuat kelopak mata.

Satu-satunya cara membentuk kelopak mata adalah dengan membentuknya melalui bedah plastik. Caranya, dengan menarik sebagian kulit dari kelopak mata dan kemudian dijahit kembali. Bagi yang punya kecenderungan keloid, sebaiknya keinginan untuk melakukan pembentukan kelopak mata dipikirkan kembali, karena bekas jahitannya mungkin saja tidak hilang, dan justru akan merusak kecantikan wajah.

Membuat hidung ideal

Setiap orang pastinya selalu ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, termasuk hidung. Menurut pandangan masyarakat sekarang ini, hidung yang ideal adalah hidung yang mancung dan ramping. Karena ini tidak sedikit orang yang ingin memancungkan hidungnya. Padahal, belum tentu setiap orang cocok berhidung mancung.

Untuk membuat bentuk hidung menjadi lebih tinggi, perlu dilakukan penanaman siikon pada tulang hidung. Sedangkan bila ingin membentuk hidung menjadi lebih ramping, bisa dilakukan pengikisan pada tulang hidung.

Pembesaran payudαra

Bagi wanita yang tidak puas dengan payudαranya yang kecil, breαst augmentation atau pembesaran payudαra bisa dilakukan. Walaupun biasanya bedah plastik sebisa mungkin menggunakan jaringan yang terdapat dari dalam tubuh pasien, tapi dalam hal ini tidak bisa dilakukan. Biasanya, dokter akan memasukkan silikon ke dalam payudαra yang tentu saja besarnya disesuaikan dengan besar payudαra yang diinginkan.

AWAS !!!! Jangan pernah ingin mempercantik diri dengan penyuntikan silikon cair. Berbahaya!!! Silikon cair tidak pernah direkomendasikan untuk disuntikkan ke bagian manapun di dalam tubuh. Sekali masuk ke dalam tubuh, silikon cair ini dapat menyebar ke mana saja, dan tidak mungkin untuk diangkat lagi.

Baca juga:   6 Cara Alami Membakar Lemak Perut dengan Cepat

Jangan pernah melakukan bedah plastik dengan orang-orang yang bukan ahlinya. Walaupun biayanya lebih murah, tapi risikonya sangat besar. Lebih baik membayar mahal, tapi lebih aman daripada bayar murah, tapi harus menanggung risiko yang sangat besar.

Risiko memasukkan silikon ke dalam tubuh sangat besar, karena tubuh belum tentu bisa menerima benda asing tersebut. Akibatnya macam-macam, bisa alergi, bisa bengkak, dan masih banyak lagi. Selain itu, bagi wanita yang melakuka pembesaran payudαra seperti ini tidak akan pernah bisa menyusui anaknya. Selain berpengaruh terhadap jaringan penghasil air susu, efek buruk akibat silikon pun takut mempengaruhi si anak.

Sekarang ini sudah ada teknik pembesaran payudαra yang baru, yaitu dengan memasukkan jaringan lemak ke dalam payudαra. Nah, lemak yang ditanam diambil dari dalam tubuh, jadi risikonya lebih kecil.

Teknik ini pun tidak berpengaruh pada jaringan penghasil susu, jadi masih bisa menyusui kalau nantinya harus menyusui anaknya. Tapi, walaupun aman, lebih baik pertimbangkan lebih lanjut keinginan untuk memperbesar payudαra. Lebih baik pria tertarik pada pribadi anda daripada hanya tertarik pada sebagian kecil dari tubuh anda saja.

Menghilangkan tato

Gara-gara trend tato beberapa tahun yang lalu, tidak sedikit orang yang menyesal dan ingin menghilangkannya. Untung teknologi sudah semakin canggih, dan sudah ada teknik untuk menghilangkannya tanpa meninggalkan bekas.

Tattoo removal ini menggunakan teknologi laser (Light Amplification by Stimulation of Energy Radiation), yaitu pengobatan dengan energi sinar laser. Sinar yang memiliki panjang gelombang tertentu ini, diamplifikasikan kekuatannya, sehingga dapat menghancurkan jaringan tubuh. Asyiknya, jaringan yang dihancurkan ini dapat diprogram, sehingga tidak mengganggu jaringan tubuh yang lain. Jadi kalau untuk menghilangkan tato, hanya jaringan di tato saja yang dihancurkan, sedangkan jaringan yang di sekitarnya akan tetap dalam keadaan sehat.

Biaya untuk menghilangkan tato ini cukup besar, tapi tentu saja lebih baik daripada harus disetrika. Kalau disetrika, selain panas, sakit, tentu saja akan meninggalkan bekas luka.

Sedot lemak

Liposuction, sesuai dengan artinya yaitu sedot lemak, bertujuan untuk menghilangkan kelebihan lemak yang ada di dalam tubuh. Biasanya, sedot lemak ini dianjurkan oleh orang-orang yang terserang obesitas atau kegemukan, akar kelebihan lemak yang ada di dalam tubuh bisa dihilangkan dengan segera. Tapi sekarang ini, banyak juga orang yang ingin buru-buru punya bentuk tubuh yang singkat dengan melakukan sedot lemak ini.

sedot lemak tanpa operasi

Ada beberapa teknik penyedotan lemak yang biasanya dilakukan oleh dokter, tapi sekarang ini, teknik Tumescent (Tumescent technique) dianggap paling aman. Alat penyedot yang digunakan tumpul, hanya menggunakan bius lokal, dan tidak diperlukan rawat inap ataupun transfusi darah. Batas penggunaan obat bius pun dibatasi, sehingga risiko overdosis bisa dikurangi.

Baca juga: Cara Menurunkan Lemak Dengan Kebiasaan Makan Sehat

Walaupun relatif aman, tapi tetap saja ada risikonya. Tubuh yang sudah terbiasa dengan kadar lemak yang demikian banyak, tiba-tiba harus menyesuaikan dengan lemak yang jumlahnya sedikit. Sudah pasti tubuh pun akan merasa terkejut dengan perubahan yang mendadak ini. Karena itu, perawatan yang dilakukan setelah melakukan penyedotan ini harus dilakukan dalam waktu beberapa lama. Terkadang harus memakan waktu sampai satu tahun lamanya.

Apa betul, setelah melakukan sedot lemak ini bentuk tubuh menjadi benar-benar ideal? Jangan salah, setelah melakukan sedot lemak ini, berat badan harus dijaga agar tetap stabil. Kalau nggak, ya percuma saja. Berarti masih harus diet dan olahraga juga, kan. Jadi, ya sama saja, harus bersusah payah juga untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Hal-hal yang patut dipertimbangkan

Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan sebelum melakukan bedah plastik, antara lain:

1. Biaya

Biaya untuk melakukan bedah plastik relatif mahal, tapi ada yang lebih mahal lagi, yaitu biaya perawatan setelah melakukan pembedahan. Perawatan ini bisa berlangsung dari satu bulan sampai satu tahun, bahkan ada pula yang lebih. Nah, siapkan anda menanggung semua biayanya?

2. Mental

Menjadi lebih cantik, pasti ada kebanggaan tersendiri, tapi banyak juga yang akhirnya jadi lupa pada diri sendiri. Kalau jadi lebih baik juga tidak masalah, tapi kalau menjadi aneh, bagaimana?

3. Risiko

Melakukan bedah plastik, pasti banyak risikonya, seperti alergi terhadap obat bius, keloid, pendarahan dan bahkan kematian, apalagi kalau menggunakan bahan-bahan sintetis, seperti silikon. Lebih baik konsultasikan dulu dengan beberapa orang ahli, sebelum anda melakukannya.

Kesimpulan: banyak hal bisa dilakukan untuk mempercantik diri bahkan membuat tubuh menjadi ideal serta enak dipandang mata. Satu hal yang harus anda pertimbangkan adalah segi keamanan bagi tubuh. Percuma dengan biaya yang relatif mahal, tetapi membahayakan kesehatan anda sendiri. Untuk meminimalisir kekhawatiran dan efek yang nanti akan timbul, maka sekiranya dapat anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang lebih ahli. Semoga anda mendapatkan solusi untuk tubuh anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *