Sejuta Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Teh adalah salah satu minuman yang disukai banyak orang. Teh yang sangat nikmat baik diminum selagi hangat atau dingin ini ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan teh juga menjadi minuman favorit bagi wanita untuk melangsingkan tubuh.

Secangkir teh hangat lebih nikmat diminum di saat sore hari. Minumlah secara perlahan maka tubuh akan terasa lebih rileks, nah ini tandanya senyawa yang ada di dalam teh telah bekerja.

Source: commons.wikimedia.org

Source: commons.wikimedia.org

Betulkan? di dalam kesederhanaan secangkir teh, terkandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Banyak sekali literatur yang mengatakan bahwa teh juga mengandung kafein. Teh adalah minuman seduhan pucuk daun atau tangkai daun yang berasal dari tanaman Camellia Sinensis yang telah dikeringkan dan diseduh dengan air panas.

Jenis-jenis teh

Teh yang masih “murni” dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu: teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan teh putih. Sedangkan teh yang tidak mengandung salah satu dari bahan teh yaitu daun teh disebut dengan teh herbal.

Untuk aroma dari juga menentukan campuran bahan di dalam teh itu sendiri. Kita mungkin sering minum teh dengan aroma melati, nah berarti di dalam bahan teh tersebut terkandung bahan berupa kuncup bunga melati. Nah, teh aroma melati inilah yang ternyata merupakan jenis teh cukup populer di negara Indonesia.

Tetapi fakta membuktikan bahwa konsumsi teh penduduk indonesia masih di bawah negara lain di dunia, yaitu sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun (sumber: wikipedia), walaupun sebenarnya Indonesia adalah termasuk salah satu dari negara penghasil teh terbesar di dunia di urutan nomor lima.

Tak heran juga sih, jika area pemetikan teh menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga untuk mengetahui cara memetik teh, mengolahnya bahkan bagi orang yang hanya ingin beristirahat. Karena tempat budidaya teh adalah di daerah pegunungan. Misalnya di Lembang, Pengalengan, dan Puncak Bogor (jawa barat), Wonosari (Jawa Timur).

Kenikmatan teh ternyata terdapat pada cara penyeduhannya. Cara merebus air, meracik teh juga bermacam-macam. Banyak sekali cara untuk menyeduh teh. Nah, tau kah anda bahwa menyeduh teh juga terkait dengan tradisi. Teh sudah menjadi minuman yang mendunia. Anda mungkin telah membaca dan melihat bahwa negara-negara tertentu juga mempunyai tradisi dalam menyeduh dan menyajikan teh. Misalnya negara jepang.

Kandungan senyawa di dalam teh

Tidak kalah dengan kopi ternyata teh juga mengandung kafein, selain itu kandungan senyawa lain yang ada di dalam teh yaitu: teofilin, polifenol, essensial oil, antioksidanĀ  bahkan mengandung lemak, protein dan karbohidrat yang mendekati nol.

Tentu saja kandungan kafein di dalam teh jauh lebih sedikit dibandingkan kafein yang ada di dalam kopi. Sedangkan polifenol adalah zat yang antioksidan bioflanoid yang memiliki kandungan bahan aktif lebih tinggi bahkan 25 kali dari vitamin E dan seratus kali dari vitamin C. Minyak essensiall (essential oil) yang memberikan aroma pada teh.

Source: https://pixabay.com

Source: https://pixabay.com

Khasiat teh bagi kesehatan

Di balik kesegaran dan kenikmatan meminum teh, ternyata minuman ini mengandung banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Tidak lah mengherankan jika teh menjadi minuman favorit tua dan muda. Bahkan kita dapat menjumpai minuman teh, baik dalam bentuk gelas, maupun botol yang siap minum di toko-toko atau warung, di samping teh kering yang harus melalui penyeduhan terlebih dahulu. Tapi kita harus ingat dengan kandungan gula di dalam minuman teh siap minum, apalagi menggunakan pemanis buatan. Berikut ini adalah manfaat teh bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk:

1. Menurunkan berat badan

Tidak salah bagi banyak wanita bahkan pria menggunakan teh sebagai media untuk melarutkan lemak dan menurunkan berat badan. Anda dapat menggunakan teh rooibos, teh oolong, teh hijau, teh putih, dan teh daun mint. Setiap teh ini mempunyai khasiat tersendiri yang berhubungan dengan pelangsingan tubuh. Hindari teh hijau instan, karena banyak mengandung pemanis buatan.

Nah, mengenai berat badan. Pernah ada sebuah studi yang dilansir oleh Journal Obesity pada tahun 2011, mengatakan bahwa tikus yang diberikan senyawa aktif teh hijau mengalami penambahan berat badan yang lebih lambat dibanding yang tidak diberi teh hijau. Ini membuktikan bahwa teh hijau baik untuk menekan laju pertambahan berat badan.

2. Mengurangi penyakit stroke dan jantung

Kedua penyakit ini sama-sama berbahaya jika tidak dicegah sejak dini. Salah satunya dengan cara minum teh, karena senyawa polifenol pada teh dapat mengurangi kadar kolesterol dan sekaligus kadar gula dalam darah yang menjadi penyebab utama sakit jantung dan stroke.

Minum teh rutin dapat menjaga arteri agas terbebas dari sumbatan, bahkan studi di negeri Belanda mengatakan bahwa minum 2 sampai 3 cangkir teh setiap hari dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 70%.

3. Baik untuk tulang

Orang yang rajin minum teh dalam jangka waktu yang lama cenderung mempunyai tulang yang kuat. Tetapi harus disesuaikan dengan usia, pola hidup, berat badan, sering tidaknya olah raga, dan lain-lain. Kandungan kandungan phytochemical yang dapat melindungi tulang.

4. Melawan radikal bebas

Teh memiliki kandungan ORAC, yang merupakan kepanjangan dari Oxygen Radical Absorbance Capacity, senyawa inilah yang jarang diketahui oleh banyak orang. Senyawa inilah yang dapat melawan radikal bebas (dapat menghancurkan DNA) yang terdapat dalam tubuh. Nah, radikal bebas ini yang menjadi pemicu timbulnya sel kanker.

5. Menurunkan tingkat stres

Stres dalam hal ini bukan nya stres yang terlalu berat, tetapi berhubungan dengan mood seseorang. Bila anda sedang mengalami “Bad Mood” atau stress, teh hitam dapat menjadi solusinya. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa secangkir teh hitam dapatĀ  mengurangi kadar hormon stres. Bahkan studi yang dilansir oleh Journal of American Medical Association menyebutkan bahwa tekanan darah sistolik dapat diturunkan dengan mengkonsumsi teh hitam secara rutin selama 6 bulan, berdasarkan hasil responden yang telah membuktikan keampuhan teh hitam ini.

6. Baik untuk kesehatan gigi

Kandungan senyawa polifenol dalam teh ternyata baik untuk membunuh bakteri yang diakibatkan plak yang menempel pada gigi. Nah, plak pada gigi lah yang menyebabkan gigi berlubang dan masalah pada gusi.

7. Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 terhadap berbagai macam teh yang mengandung kafein, dan ternyata hasilnya menyebutkan kafein dalam teh dapat mengurangi resiko terhadap diabetes. Hal ini harus dibarengi dengan pemakaian sedikit gula, sedangkan gula yang berlebihan tidak baik juga.

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kita dapat menemukan manfaat ini pada teh hijau, karena teh hijau mengandung senyawa polifenol katekin, yang dapat memicu pengeluaran energi di dalam tubuh, sehingga lebih bersifat menghangatkan tubuh. Lemak menjadi lebih cepat teroksidasi, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Source: https://pixabay.com

Source: https://pixabay.com

Pahami efek samping dari teh

Apa pun bentuknya makanan dan minuman, jika di konsumsi secara berlebihan tentu tidak lah baik. Berkaitan dengan kandungan kafein pada teh, kita harus dapat mengkonsumsi teh ini secara wajar dan tidak berlebihan.

Contohnya, jika terlalu banyak teh yang di konsumsi pada malam hari menyebabkan anda sulit tidur. Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit jantung kronis, sebaiknya mengurangi atau berkonsultasi kepada dokter sebelum minum teh, karena dapat mempercepat detak jantung. Bagi ibu hamil juga sebaiknya membatasi meminum teh. Karena kafein yang berlebihan tidak baik bagi janin.

Kesimpulan: Teh adalah salah satu jenis minuman yang menyehatkan. Minuman teh ini sangat populer di masyarakat, bahkan sebagian besar penduduk Indonesia pernah mencicipinya. Mengkonsumsi teh dengan benar akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Lebih baik menyeduh teh sendiri, karena kita dapat membatasi pemakaian gula. Sedangkan teh siap minum di pasaran mungkin mengandung banyak gula, baik itu gula asli maupun pemanis buatan. Berkaitan dengan kandungan kafein pada teh, sebaiknya kita meminumnya dengan wajar dan tidak berlebihan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *